KALESA

Artikel
KALESA
Satwa
1124
3 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Ikan air tawar ini dikenal dengan bentuk badan yang memanjang. pipih tegak, bercelah mulut lebar dengan 2 sungut besar pada dagu. Dalam keadaan segar punggung berwarna hijau, perut hijau kekuning-kunigan atau keperakan. Sisip punggung terletak jauh di belakang dekat pangkal sirip ekor, lebih kecil dari sisip dubur.

Ikan Kalesa hidup di sungai berarus lambat atau lamban. Dapat juga hidup di sanau, tetapi lebih menyukai daerah genangan banjir. Ikan kalesa tersebar luas di daerah SUMATERA, KALIMANTAN , serta berdekatan dengan muara.

Ikan kalesa  hidup dari binatang -binatang lainnya, dan makanannya terdiri atas anak ikan , udang kecil dan serangga air.

Kalesa di beberapa daerah sudah dikenal sebagai ikan pangan karena daging yang tebal serta terasa enak . Akan tetapi Warrior, ikan ini belum masuk dalam pasar perdagangan  karena jarang diperdagangkan dalam jumlah besar. Kejarangan ikan ini disebabkan karena kerendahan dari populasi.

Berbicara tentang pembudidayaan, Ikan ini jarang dibudidayakan. Coba kita berpikir, sudah jarang dibudidayakan, serta populasinya yang menurun bisa membuat ikan ini terancam punah.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *