Kalangkala (Litsea angulata)

Satwa
Kalangkala (Litsea angulata)
25 Februari 2016
3687

  Kalangkala (Litsea angulata) merupakan salah satu spesies dari Genus Litsea yang termasuk ke dalam family Lauraceae. Kalangkala dapat hidup di daerah tropis dan subtropis hingga ketinggian 300 m. Tumbuhan ini tersebar di Peninsular Malaysia (Sarawak dan Sabah), Sumatra, Jawa, Kalimantan Selatan , Kalimantan Timur, Moluccas, dan New Guinea.

   sumber : kabarbanjarmasin.com 

   Tanaman ini tergolong kedalam tanaman keras/tahunan (paranual), berupa pohon (arbor), tinggi 10 – 20 m. Percabangan jarang tidak terlalu rapat. Daun tunggal, besar, bentuk memanjang. Buah berbentuk bulat, kulit buah lunak, separoh buah ditutup oleh kelopak buah yang keras berwarna hijau. Kulit buah muda hijau, berangsur-angsur merah kalau matang. Daging buah lunak, berwarna putih. Biji berbentuk bundar, keras berwarna coklat Sebagian masyarakat Kalimantan Selatan menggunakan biji buah kalangkala secara tradisional sebagai obat bisul. Dengan cara menempelkan biji kalangkala ke daerah kulit  yang terkena bisul.

Sumber : Jurnal ilmiah yang berjudul “SKRINING FITOKIMIA EKSTRAK METANOL BIJI                 KALANGKALA (Litsea angulata)” diteliti oleh Kamilia Mustikasari, Dahlena Ariyani

Diposkan 18th October 2015 oleh Marwanto CoolLabel: hasil hutan bukan kayu

Tentang Penulis
eral jantua gurning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-03-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *