Kakatua Raja (Probosciger atterimus)

Artikel
Kakatua Raja (Probosciger atterimus)
Satwa
1142
28 Juli 2017
Penulis
rizal sunanda
104
posting

Kakatua Raja atau Palm Cockatoo merupakan burung kakatua terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 60 cm dan berat 1,2 kilogram. Berbeda dengan 6 spesies kakatua yang telah dibahas sebelumnya, burung ini memiliki bulu berwarna hitam pekat di seluruh tubuhnya, kecuali pipinya yang merah menyala. Jambulnya panjang dan bercokol diatas paruhnya yang besar, membuatnya tampak spektakuler. Burung ini dapat ditemui di Papua dan sebagian kecil Australia bagian utara.

Burung kakaktua raja termasuk dalam daftar burung yang dilindungi oleh undang-undang. Perburuan masih menjadi ancaman utama bagi burung ini, meskipun tidak terlalu serius seperti pada kakatua jambu-kuning. Burung ini digolongkan sebagai satwa dengan resiko kepunahan rendah (last concern) oleh IUCN, dan termasuk dalam daftar Appendix 1 CITES sehingga dilarang untuk diekspor.

Nah, begitulah sedikit cerita mengenai jenis-jenis burung kakatua yang ada di Indonesia. Keindahan burung ini menjadi harta kekayaan yang berharga yang harus disaksikan oleh anak-cucu kita, karena itu sudah seharusnya kita melindungi satwa langka ini. Memelihara bukan berarti menyayangi, karena burung ini akan jauh lebih aman dan berguna bila berada di habitatnya yang asli, bebas di alam.

http://pecintasatwa.com/7-jenis-burung-kakatua-nusantara/

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *