Kadal Panana / Kadal Lidah Biru

Satwa
Kadal Panana / Kadal Lidah Biru
14 Juni 2016
8928

Halo Sahabat Warriors! Sudah pernahkah Sahabat mendengar dengan reptil berlidah biru ini? DUlu banyak penduduk asli Papua mengira bahwa kadal ini memiliki racun karena lidahnya yang berwarna biru. Namun faktanya, walaupun kadal ini mempunyai lidah berwarna biru, kadal ini tidaklah beracun atau berbisa.

Klasifikasi! Kingdom: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Reptilia; Ordo: Squamata; Famili: Scincidae; Genus: Tiliqua; Species: Tiliqua gigas

Sesuai dengan namanya kadal ini mempunyai lidah yang berwarna biru. Kadal lidah biru biasanya juga disebut blue tongue, kadal panana, dan ular berkaki. Spesies kadal lidah biru ini dapat ditemukan di daerah Australia dan pulau Papua. Kadal ini memiliki panjang tubuh sekitar 30 – 50 cm, tubuh berwarna cokelat dengan garis kehitaman yang terbentuk melingkari bagian punggung dan lidah berwarna biru yang dijadikan ciri khas dari hewan tersebut. Kadal lidah biru ini memiliki 4 tungkai dengan 5 jari yang kecil dan tidak berselaput dan memiliki tubuh agak pipih dan panjang. Kadal lidah biru ini termasuk spesies diurnal atau hewan yang aktif pada siang hari. Biasanya untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, kadal lidah biru ini akan membuka mulutnya lebar - lebar atau bahkan menggigit. Walaupun tidak mempunyai gigi yang runcing, gigitan dari kadal ini sangat kuat sehingga biasanya sulit dilepaskan dan menimbulkan luka yang cukup serius. Di habitat aslinya kadal lidah biru biasanya memangsa serangga dan mamalia - mamalia kecil. Selain itu kadal ini juga gemar memakan buah - buahan yang telah jatuh dari pohon. Semua jenis kadal ini bereproduksi dengan cara ovovivipar. 

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *