Kaboa

Flora
Kaboa
12 Juni 2015
2703

Semak atau pohon kecil yang selalu hijau dan tumbuh lurus dengan ketinggian pohon mencapai 6 m. Akar menjalar di permukaan tanah. Kulit kayu bagian luar abu-abu hingga coklat kemerahan, bercelah, serta memiliki sejumlah lentisel.

Daun berkulit, terang, berwarna hijau mengkilat pada bagian atas dan hijau pucat di bagian bawah, seringkali bercampur warna agak kemerahan. Kelenjar pembuangan garam terletak pada permukaan daun dan gagangnya. Unit & Letaknya sederhana & bersilangan. Bentuk daun bulat telur terbalik hingga elips dengan ujung yang membundar berukuran 11 x 7,5 cm.

Dalam satu tandan terdapat banyak bunga yang bergantungan seperti lampion, dengan masing-masing tangkai/gagang bungapanjangnya 8-12 mm. Letaknya di ujung tandan/tangkai bunga dengan formasi payung. Daun Mahkotanya ada 5 berwarna putih, ditutupi rambut pendek halus sekitar 5-6 mm. Kelopak Bunga ada 5.

Buah berwarna hijau hingga merah jambon (jika sudah matang), permukaan halus, membengkok seperti sabit. Dalam buah terdapat satu biji yang membesar dan cepat rontok. Ukuran: panjang 5-7,5 cm dan diameter 0,7 cm.

Sumber

http://en.wikipedia.org/wiki/Aegiceras

http://wetlands.or.id/mangrove/mangrove_species.php?id=6

Tentang Penulis
Syamsul Anwar Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *