Jeruk sebagai salah satu sumber penerangan

Artikel
Jeruk sebagai salah satu sumber penerangan
Flora
1306
1 Maret 2015
Penulis
Putri Diana
72
posting

Jeruk.. Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata jeruk???

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, warnanya beragam mulai dari hijau, kuning hingga orange. Buahnya tersusun dari ribuan bulir dengan rasa yang beragam, mulai dari masam hingga manis. Ukuran buah ini pun beragam mulai dari yang kecil seperti jeruk purut hingga yang berukuran besar seperti jeruk bali.

Jeruk biasanya dijadikan sebagai jus, buah penutup, hiasan makanan, sumber energi listrik, aromaterapi. Sebagian besar orang biasanya hanya memanfaatkan bagian buahnya (bulir). Akan tetapi,  manfaat buah jeruk tidak hanya itu.. Kulit buah jeruk yang umumnya hanya di buang dan tidak terpakai dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penerangan. Ternyata serat kulit buah jeruk yang biasanya tertinggal di bagian dasar seperti sumbu memiliki fungsi yang sama dengan sumbu lilin yan biasa kita gunakan. Sumbu jeruk dan kulit buah jeruk dapat dijadikan sebagai sumber penerangan juga. Penerangan yang dihasilkan tidak kalah dengan nyala lilin yang biasa kita gunakan.

Foto : Putri Diana

Penggunaan bagian lain dari buah jeruk sebagai sumber penerangan  dapat dilakukan dengan memotong kulit buah jeruk secara horizontal, selanjutnya ambil bagian buah jeruk dengan perlahan jangan sampai bagian yang seperti sumbunya ikut tercabut, setelah itu tambahkan minyak goreng di sekeliling sumbu jeruk tersebut, lalu nyalakan sumbu dengan api. Selain itu bagian lain dari kulit jeruk dapat dijadikan penutupnya. Sumber penerangan yang dihasilkan cukup bertahan hingga 1-2 jam.

Sumber: http://masvaishal.blogspot.com/2014/02/mengubah-jeruk-menjadi-lilin-aromaterapi.html

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *