jati platinum super penyerap karbon

Flora
jati platinum super penyerap karbon
9 April 2016
1233

Merupakan hasil rekayasa genetika dengan cara mutasi radiasi sinar Gamma, diperbanyak dengan kultur jaringan sehingga mutu bibitnya seragam. Jati platinum hasil riset ini bisa mencapai diameter 30 cm hanya dalam waktu lima tahun sehingga bisa dipanen sebagai veneer untuk bahan bangunan.

Jati bisa membutuhkan waktu 10-15 tahun untuk bisa diambil kayunya sebagai kusen, tapi jati platinum ini hanya dalam waktu lima tahun. Jati platinum cepat berbunga dan berhenti tumbuh secara vegetatif dan membuat diameter pohnnya membesar secara cepat. Selain itu, jati platinum tumbuh menjulang hingga 5-6 meter sebelum mulai bertunas ke samping sehingga kualitas kayu jati menjadi baik.

Jati Platinum diperbanyak dengan teknologi in vitro dan sudah diuji coba penanamannya pada Maret 2012 di Nusa Tenggara Barat.

Kandungan karbon satu log jati sebesar 100 kilogram dan satu pohon jati mampu menyerap karbon 10 kilogram per tahun. Sedangkan emisi karbon dioksida (CO2) dari kendaraan bermotor rata-rata 258 gram per kilometer. Artinya, dibutuhkan sekitar 50 pohon dari setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor untuk menyerap karbon.Menanam jati sama dengan menyelamatkan bumi sekaligus berinvestasi.

Tentang Penulis
fendria wadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-06-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *