Jamblang, Jambe Kleng (Aceh)

Flora
Jamblang, Jambe Kleng (Aceh)
25 April 2016
1525

Jamblang, Jambe Kleng (Aceh) adalah salah satu buah tropis pada pohon seperti cemara dan memiliki khasiat sebagai obat herbal. Jamblang yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini sangat populer di Aceh, selain dijadikan cemilan makanan, buah ini juga di jual oleh masyarakat dan sangat laris manis. Pohon Jambolan adalah memiliki kayu yang kokoh, daun kasar yang berbentuk elips, bunga berwarna putih kehijauan yang wangi serta buah lonjong dengan panjang 1,5-3,5 cm berwarna ungu gelap, lezat dan enak dimakan. Pohon jamblang tumbuh di daerah India, Untuk panjang dalam periode sejarah yang tercatat, pohon diketahui tumbuh di sub-benua India, Bangladesh, Burma, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, dan Indonesia. tumbuhan jamblang baik akar, batang, kulit batang, daun, bunga, buah dan minyak essensial mengandung senyawa yang bermanfaat. Jamblang kaya akan senyawa yang mengandung antosianin, glukosida, asam ellagik, Isoquersetin, kaemferol dan miresetin. Biji-biji jamblang diklaim mengandung alkaloid, jambosin, dan glikosida jambolin atau antimellin yang menghentikan konversi diastatik pati menjadi gula. Biji jamblang juga kaya akan flavonoid, antioksidan yang terkenal bertanggung jawab atas pemulungan radikal bebas dan efek perlindungan pada enzim antioksidan dan juga ditemukan memiliki jumlah fenolat tinggi dengan aktivitas antioksidan yang signifikan. Jamblang juga kaya akan zat gizi seperti protein,kalsium, gula, garam mineral, dan vitamin C.

Khasiat dan Manfaat Jamblang;

Meningkatkan hemoglobin: jamblang mengandung zat besi dan vitamin C. Zat besi merupakan komponen pembentuk sel darah merah hemoglobin. Zat besi yang berasal dari nabati atau tumbuhan lebih sulit diserap tubuh dan dibentuk menjadi hemoglobin dibanding zat besi yang berasal dari hewani. Vitamin C berperan untuk membantu penyerapan zat besi dari sumber nabati agar lbih mudah dibentuk menjadi hemoglobin. Kandungan zat besi ini sangat bermanfaat bagi wanita yang menstruasi karena sata menstruasi wanita kehilangan banyak sel darah merah. Selain itu, remaja dan wanita usia subur juga sangat membutuhkan zat besi karena beresiko tinggi terkena anemia dan sebagai persiapan untuk kehamilan.

Kesehatan jantung: 100 gram jamblang mengandung sekitar 55 mg kalium. Ini jumlah yang cukup bermanfaat untuk penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, danstroke.

Mengobati diabetes: jamblang merupakan buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah. selain itu jamblang juga membantu mengubah gula menjadi energi sehingga kadar gula darah tidak terlalu tinggi. Jamblang juga mencegah munculnya gejala diabetes seperti sering haus dan kencing.

Anti-bakteri: jamblang mengnadung zat yang membantu membunuh bakteri. Oleh karena itu, jamblang efektif mengobati diare, infeksi kulit dan infeksi mulut. Antioksidan: jamblang mengandung antioksidan polifenol yang membantu menangkal radikal bebas yang sekaligus mencegah terjadinya kanker.

Kecantikan kulit: jamblang mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit, vitamin C untuk pembentukan kolagen sehingga kulit lebih kencang serta mengobati jerawat. Manfaat lain: membantu kesehatan gigi dan gusi, menyembuhkan masalah tenggorokan, pencernaan, asma dan lain sebagainya.

Tentang Penulis
Muhammad Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-06-03
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *