Indonesia Dengan Segala Kekayaanya

Artikel
Indonesia Dengan Segala Kekayaanya
Lain-lain
144
9 Mei 2022
Jurnalistik
Penulis
Elsya Jihan
1
posting

Indonesia merupakan sebuah negara kepuluan yang berada di benua Asia Tenggara, dengan memiliki jumlah penduduk ke 4 terbanyak di dunia. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah 1.904.569 km2. Dengan penduduk dan wilayah Indonesia yang sama-sama besarnya, kekayaan pada lingkungan hidupun tidak kalah besarnya. Bagaimana tidak, dengan banyaknya keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia menjadikan Indonesia masuk dalam kelompok sebagai salah satu dari tujuh belas negara megadiversitas.

Dengan letak geografis Indonesia banyak flora dan fauna yang hidup dengan campuran spesies Asia dan Australia. Indonesia mempunyai 10% dari seluruh spesies tumbuhan berbunga di dunia, dengan 25.000 spesies. Keadaan fauna di Indonesia juga tidak kalah hebatnya, Indonesia memiliki 515 spesies mamalia yang menjadikan Indonesia menduduki peringkat kedua pada keanekaragaman mamalia. Untuk peringkat pertamanya diduki oleh negara Brasil.

Selain spesies mamalia banyak di Indonesia, spesies lainnya pun tidak kalah banyaknya. Indonesia memiliki 781 spesies reptil, 45 spesies primata, 1.592 spsies burung dan 270 spesies amfibi. Banyak diantara spesies di atas yang hanya dapat dijumpai di Indonesia. Namun sayangnya banyak juga diantaranya yang masuk dalam klasifikasi hewan terancam punah. Ancaman tersebut diakibatkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah, pemburuan liar yang banyak dan perebutan rumah tinggal satwa (pembakaran hutan) secara besar-besaran.

Walaupun dengan banyaknya penduduk serta flora dan fauna di Indonesia, membuat banyak permasalahan lingkungan hidup yang muncul dan serius. Lahan gambut, deforestasi ilegal dengan skala besar, eksploitasi sumber daya laut secara berlebihan, polusi udara, kurang optimalnya pengelolaan sampah, dan masih banyak masalah-masalah lainya yang menganggu lingkungan hidup.

Sayangnya, banyak diantara masalah di atas yang justru dibuat oleh masyarakat Indonesia sendiri dengan menggunakan kepentingan pribadi atau kelompoknya saja. Atau bahkan unsur ketidaktahuan masyarakat akan dampak dari pola konsumsi, seperti mengkonsumsi sesuatu yang berdampak tidak baik bagi lingkungan. Oleh karenanya, masyarakat seharusnya lebih terhadap masalah-masalah lingkungan serta tidak mengutamakan kepentingan pribadi saja. Agar keanekaragaman di Indonesia akan terus terjaga.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *