Cendrawasih Panji

Artikel
Cendrawasih Panji
Satwa
1121
10 Desember 2014
Penulis
Panji Azis
112
posting

Deskripsi
Sedang (22 cm), dengan dua bulu kepala pada burung jantan dewasa, yang panjangnya hampir dua kali lipat panjang tubuhnya, berwarna biru-mutiara, mirip plastik. Burung jantan berwarna hitam, nampak kecil; dengan bulu-bulu di dada, perut, dan ketiaknya bungalan-kuning. Burung betina berbulu keabu-abuan, bagian bawah pucat bersisik halus, dan penutup ekor bawahnya kuning-orange.
Burung betina mirip dengan jenis-jenis burung Isap-madu.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Menghuni hutan berlumut dan tepi hutan pegunungan tinggi pada rentang ketinggian antara 1500 – 2850 m. Memakan buah dan serangga di kulit kayu, terkadang laba-laba. Burung betina sering terlihat di tepi hutan, berbeda dengan burung jantan dewasa yang hampir tidak pernah teramati di tepi hutan. Jantan berkicau dari dahan besar di kanopi hutan yang tinggi. Bulu kepala jantan dapat digerakkan tegak lurus dan ke segala arah.

Berbiak sepanjang musim, puncaknya dari bulan Juli sampai Februaru. Burung jantan menarik pasangan dengan berkicau di dahan yang tinggi. Jika ada betina yang mendekat, pejantan kemudian turun ke permukaan tanah dan mempertunjukkan gerakan yang rumit untuk mendapat pasangan. Burung betina membangun dan merawat sarang tanpa dibantu burung jantan. Hanya satu sarang yang pernah dideskripsikan, berbentuk mangkuk dangkal dan rapi, tersusun dari jalinan batang anggrek dan paku-pakuan. Sarang dibangun di percabangan pohon, 11 m di atas permukaan tanah, dan hanya berisi satu butir telur.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *