Ekspedisi Serangga Terbang Gekbrong (Part 2)

Artikel
Ekspedisi Serangga Terbang Gekbrong (Part 2)
Aktivitas, Ekowisata, Kehutanan, Satwa
339
27 November 2021
Uhamka
Penulis
Ahmad Rizky Mudzakir
6
posting

Kegiatan pada bulan November kali ini kami lakukan untuk fokus pengambilan data di lapangan. Kegiatan pengambilan data kami fokuskan untuk menyicil output berupa poster pengenalan jenis yang akan kami tempelkan di saung pertemuan di Desa Gekbrong. Pengambilan data kali ini banyak anak-anak yang terlibat dan antusias, terlebih saat menangkap kupu – kupu. Kebanggaan bagi kami untuk memberikan hal baik dan bermanfaat untuk anak di sana. Karena kegiatan ini mereka mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam segi pengenalan serangga terbang (capung dan kupu kupu).

Keingintahuan anak – anak semakin tinggi setelah mereka melihat secara langsung bahwa ternyata jenis kupu – kupu yang ada di desa mereka beraneka ragam. Dari berukuran kecil sampai besar (setelapak tangan anak – anak). Sejauh ini, jenis yang dikoleksi mengalami peningkatan signifikan. Diperoleh sebanyak 376 individu yang terdiri dari 43 jenis kupu – kupu dan 3 jenis capung. Dari jenis yang diperoleh, menjadikan Desa Gekbrong (desa penyangga) menjadi desa yang menyimpan banyak keragaman jenis satwa termasuk serangga terbang.

Kegiatan penelitian ini didukung oleh Biodiversity Warriors Sponsorship Program 2021 termin II yang didukung penuh oleh Yayasan KEHATI. Harapan kami besar kepada kegiatan ini untuk berlangsungnya kegiatan konservasi dengan Langkah awal sebagai pengenalan jenis serangga terbang kepada anak – anak Desa Peyangga TNGGP. Sebagai akademisi yang berkecimpung di dunia konservasi sudah menjadi kewajiban untuk melestarikan dan mengenalkan satwa di Indonesia. Semoga dengan tercetaknya poster “Dragonfly and Butterfly’s Gekbrong” ini mampu menjadi media untuk anak – anak dalam mengenal ragam jenis serangga terbang di desanya.

 

      

2
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *