Indonesia Bagian dari Wilayah The Coral Triangle

Indonesia Bagian dari Wilayah The Coral Triangle
28 November 2014
3301

The Coral Triangle adalah sebutan untuk segitiga wilayah perairan laut tropis dari Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Wilayah ini berperan penting karena terdapat setidaknya 500 spesies karang pembentuk terumbu karang di setiap ekoregion.

Selain itu 75 persen dari semua spesies karang yang diketahui hidup di wilayah The Coral Triangle. Tingginya keragaman tersebut menjadikan tempat ini sebagai penampungan 40% spesies ikan karang dunia. Diketahui juga bahwa lebih dari 3000 spesies ikan hidup di The Coral Triangle, termasuk ikan terbesar di dunia whale shark serta living fosil ikan coelacanth. Sudah cukup? Belum, di tempat ini juga hidup enam jenis penyu dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia.

Peta wilayah The Coral Triangle (sumber)

 

Namun kegiatan manusia dan perubahan iklim masih menjadi ancaman utama bagi kelestarian terumbu karang khususnya di The Coral Triangle. Masalah utama yang dihadapi terumbu karang adalah bleaching atau pemutihan, pemutihan adalah kondisi hilangnya warna serta matinya terumbu karang. Sebagai negara Megabiodiversity Indonesia memiliki keuntungan dan tanggung jawab yang sama besarnya untuk memanfaatkan dan menjaga kelestarian The Coral Triangle.

 

Referensi:

[WWF, Nature, Wikipedia]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *