Ikan Terbang, Makhluk Laut yang Pandai Mengudara

Article
Ikan Terbang, Makhluk Laut yang Pandai Mengudara
Marine
1364
28 July 2017
Universitas Sumatera Utara
Author
David Pasaribu
170
posting

Ikan terbang (flying fish) atau ikan torani adalah ikan yang mendapatkan nama demikian berkat kemampuannya untuk terbang saat berada di luar air. Well, sebenarnya ikan ini tidak benar-benar terbang, tapi hanya sebatas melayang. Mengenai hal tersebut akan dibahas di bagian lain dari artikel ini. Ada 40 spesies ikan yang dikategorikan sebagai ikan terbang & semuanya termasuk ke dalam famili Exocoetidae. Ukuran tubuh ikan terbang bervariasi antar spesies, namun yang terbesar diketahui memiliki panjang tubuh maksimal 45 cm.

Semua spesies ikan terbang adalah ikan air asin yang hidup di dekat permukaan air. Persebaran ikan terbang termasuk luas karena ikan ini bisa ditemukan di perairan tropis Samudera Hindia, Pasifik, & Atlantik. Makanan dari ikan terbang adalah plankton & kadang-kadang ikan kecil. Ikan terbang memiliki pola hidup menggerombol & tidak memiliki musim kawin yang spesifik sehingga ikan terbang pada dasarnya bisa melakukan perkawinan kapan saja. Sesudah melakukan perkawinan, ikan betina akan melekatkan telur-telurnya ke benda yang terapung di permukaan laut. Jika dibandingkan dengan ikan terbang dewasa, anak ikan terbang memiliki tubuh yang bentuknya lebih panjang & sirip yang berwarna warni.

Penampilan fisik ikan terbang pada dasarnya tidak berbeda dengan ikan-ikan laut pelagis pada umumnya. Ikan terbang memiliki tubuh yang panjang & pipih, sirip ekor berbentuk segitiga ganda, bagian atas tubuh berwarna biru tua, & bagian bawah tubuh yang berwarna keperakan. Adapun ciri fisik yang khas dari ikan terbang adalah sepasang sirip dada yang berukuran besar & terlipat di samping tubuhnya. Sirip dada itulah instrumen utama yang digunakan oleh ikan terbang saat mereka melayang di luar air. Beberapa spesies ikan terbang juga memiliki sepasang sirip perut yang berukuran besar sehingga saat melayang, ikan yang bersangkutan seolah-olah memiliki 4 buah sayap.

 

sumber : http://www.re-tawon.com/2013/12/ikan-terbang-makhluk-laut-yang-pandai.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *