Ifrita topi biru

Artikel
Ifrita topi biru
Satwa
1103
1 Januari 2015
Penulis
adam sudrajat
167
posting

Deskripsi
Burung berukuran 17 cm., yang nampak gemuk-pendek. Warna bulu coklat-bungalan, dengan tubuh bagian atas lebih gelap. Mahkota atau tudung biru khas dan hitam, serta garis-mata putih menjadi penciri lapangan jenis ini. Pada burung muda garis-mata berwarna hartal (kuning).

Berperilaku mengendap-endap, mirip Paruh-bajak gelambirEulacestoma nigropectus dan Sericornis besar Sericornis nouhuysi, dibedakan oleh warna biru pada mahkota dan ukuran yang lebih besar. Mirip Munguk papua, bedanya postur lebih ramping dan terdapat garis palang gelap pada bagian ekor.

 Kebiasaan

Memburu serangga dengan bergerak diam-diam pada batang dan cabang-cabang pohon yang berlumut, juga pada kulit pohon dan dedaunan. Sering bergabung dalam kelompok campuran jenis-jenis pemakan serangga.
Berburu serangga di percabangan dan ranting pohon, bergerak seperti burung munguk: memanjat pohon secara perlahan, menggantung di percabangan pohon untuk mencari makanan. Sarang berbentuk mangkuk kecil yang dalam, tersusun dari lumut hijau dan daun paku-pakuan, terletak 3-6 m di atas permukaan tanah, biasanya pada pohon berukuran tiang (sapling). Jumlah telur biasanya 1 butir tiap periode berbiak.
Diperkirakan masa berbiaknya sepanjang tahun. Burung ini mengandung racun yang dapat membakar mulut dan bibir jika bersentuhan atau dimakan.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *