Herbras

Artikel
Herbras
Flora
1821
22 Desember 2014
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi           : Magnoliophyta
Kelas          : Magnoliopsida
Sub Kelas   : Asteridae
Ordo           : Asterales
Famili          : Asteraceae
Genus        : Gerbera
Spesies      : Gerbera jamesonii

Sistem perakaran tanaman gerbera adalah menyebar ke segala arah pada kedalaman 30 – 75 cm, tergantung umur tanaman, kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman itu sendiri Sedangkan untuk batang, tanaman gerbera memiliki batang yang sangat pendek, sehingga seolah-olah tidak memiliki batang yang nyata. Pada ujung tanaman yang sudah tua akan keluar tangkai bunga sepanjang 10 – 12.5 cm di antara kumpulan daun.

Daun-daunnya tumbuh secara tunggal membentuk roset, helaian daunnya bercelah-celah tidak merata dan pada permukaan daunnya terdapat bulu-bulu halus. Daun gerbera mengecil pada bagian bawahnya dan melebar pada bagian atasnya, tersusun melingkar pada bagian bawah roset.

Tanaman ini membentuk bunga pada pucuk atau ujung batang, bertangkai panjang dan berbentuk cakram. Mahkota bunga berbentuk mirip kumpulan pita yang tersusun rapi membentuk bulatan.

Pada setiap tangkai bunga ada satu kuntum bunga. Gerbera memiliki mahkota bunga yang sangat menarik, terdiri dari satu atau dua lapisan yang bagian dalamnya lebih pendek dari bagian luarnya. Tangkai bunganya lunak. Warna bunganya bervariasi, di antaranya: merah, pink, putih, kuning, krem dan jingga.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *