Fabianus, Komikus Peduli Keanekaragaman Hayati Indonesia

Artikel
Fabianus, Komikus Peduli Keanekaragaman Hayati Indonesia
Aktivitas, Kelautan, Satwa
326
21 Juni 2021
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
27
posting

Fabianus Bayu Setiabudi atau komikus yang dikenal dengan akun @shirohyde sudah banyak melakukan kampanye pelestarian keanekaragaman hayati di media sosial, salah satunya instagram. Sejak tahun 2015, Fabianus sudah memposting setidaknya 500 kali di akun instagramnya.

 

Pria yang akrab dipanggil Fabi dan berdomisili di Tuban Jawa Timur ini merupakan lulusan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Jawa Tengah. Sejak masa sekolah, Fabi memiliki minat di bidang desain komunikasi visual. Hal ini yang kemudian mendorongnya untuk menjadi illustrator, content creator, dan game designer hingga saat ini.

 

Namun, berbeda dengan kebanyakan anak muda lain, Fabi memilih tema flora dan fauna, dan memasukan materi pengetahuan dan pelestarian keanekaragaman hayati di setiap konten yang dibuatnya. “Sebagai generasi muda, saya merasa perlu menyuarakan tentang isu pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia, terutama di kondisi alam seperti ini,” ujarnya.

 

Komik jenis-jenis burung terancam punah di Indonesia

 

Fabi melihat bahwa isu-isu lingkungan dan keanekaragaman hayati perlu disampaikan dengan cara yang lebih popular dan ringan, sehingga pesannya dapat dimengerti dan diterima oleh masyarakat umum, terutama generasi muda. Selain komik, Fabi melakukan kampanye melalui permainan kartu. Kedepannya ingin mencoba media lain seperti diorama.

 

Selain materi tentang pelestarian tumbuhan dan satwa, beberapa konten yang dibuat Fabi yaitu terkait perubahan iklim, ekowisata, manajemen pengelolaan sampah, dan lain-lain.

 

Ekosistem laut yang dibuat dengan metode diorama

 

Untuk keperluan materi, Fabi banyak berkolaborasi dengan para aktivis dan pakar keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup. Sebagai anggota Biodiversity Warriors (BW), Fabi banyak mendapatkan materi dari anggota BW yang lain.

 

BW sendiri merupakan gerakan anak muda pelestari keanekaragaman hayati yang dibentuk oleh Yayasan KEHATI pada 18 Juni 2014. Sampai saat ini, anggota BW berjumlah lebih dari 2.500 yang tersebar di beberapa kampus di Indonesia.

 

Kampanye yang dilakukan Fabi disambut baik oleh masyarakat luas. Follower Fabi pun semakin bertambah. Banyak postingannya yang disukai dan dibagikan ulang. Selain bermanfaat dan memiliki nilai konservasi, postingan Fabi dianggap sesuai dengan gaya anak muda saat ini. Dengan gaya komik, dan bahasa yang ringan, pesan yang disampaikan Fabi terkesan menarik dan mudah dimengerti.

 

“Gaya kampanye Fabi sangat bagus. Agar kampanye pelestarian keanekaragaman hayati sampai kepada masyarakat umum, terutama generasi muda, kita memerlukan orang yang kreatif seperti Fabi,”ujar PR and Education Outreach Manager Yayasan KEHATI, Muhammad Syarifullah.

 

Selain KEHATI, sudah banyak lembaga lingkungan lain yang sudah bekerja sama dengan Fabi, antara lain WWF, Sea Soldier, Sulut Semangat, Ciliwung Herpetarium, Hutan Itu Indonesia, Madani, USAID BIJAK, LoveTheLeuser, Owa Halimun, Taman Safari Prigen, Econusa, Yayasan Belantara, Rangkong Indonesia, Tambora Muda, Formata, EPI, Whale Shark Indonesia, Divers Clean Action, dan beberapa peneliti/aktivis satwa liar/ lingkungan lain.

 

Kedepannya, komikus yang sejak kecil bercita-cita menjadi dokter hewan  ini berharap agar kampanye yang dilakukannya dapat mengajak masyarakat Indonesia untuk turut melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia.

2
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *