Edelweis (Anaphalis javanica)

Flora
Edelweis (Anaphalis javanica)
25 Juni 2016
10285

1.      Klasifikasi Edelweis

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo                : Asterales

Famili              : Asteraceae

Genus              : Anaphalis

Spesies             : Anaphalis javanica  

2.      Morfologi Edelweis

Akar

Tanaman edelweiss sering dihubungkan dengan pegunungan dan merupakan tanaman yang bisa hidup di tanah vulkanik atau hutan pegunungan. Tanaman ini bisa bertahan hidup pada tanah yang tandus. Hal ini terjadi karena akar tanaman edelweiss bersimbiosis dengan jamur mikoriza yang membuat akar tanaman memperluas zona pengambilan air dan nutrisi. Tanaman ini berjenis perdu dan berumur tahunan atau dua tahunan. Tumbuhnya dengan merambat dan ada beberapa yang bersifat epifit (www.materipertanian.com)

Daun dan Bunga

Tanaman edelweiss memiliki daun dan bunga yang ditutupi oleh bulu-bulu berwarna putih (seperti wool). Daun tanaman edelweiss berbentuk seperti lidah tombak. Tangkai bunganya mempunyai ukuran sekitar 3-20 cm atau bahkan bisa sampai 40 cm. Bunga edelweiss masing-masing terdiri dari 5-6 kepala bunga yang berwarna kuning dan berukuran kecil, hanya sekitar 5 mm. kepala bunga ini dikelilingi oleh daun-daun bunga yang membentuk bintang. Tanaman ini memiliki bunga bunga yang tersusun di kuntumnya dan pertumbuhan serta perkembangan petalnya terpusat dan dilingkari oleh bractea. Tanaman ini biasanya berbunga antara bulan april sampai Agustus dan pada bulan Juli sampai Agustus adalah fase mekar bunga terbaiknya (www.materipertanian.com)

 

3.      Kandungan pada Edelweis

Dalam kacamata ilmu geografis dengan kimia organik, Edelweiss tumbuh di atas ketinggian di atas 1200 mdpl. Rata-rata di setiap daerah yang memiliki persebaran edelweiss pun juga dengan ketinggian yang lebih dimana bila semakin tinggi tanaman, juga tantangan cuaca ataupun iklim semakin tinggi dan ekstrim. Tantangan inilah yang telah menyebabkan edelweiss dapat mengembangkan kimia kuat yang berkonsentrasi menjadi bunga kecil. Edelweiss mengandung antioksidan yang dua kali lebih kuat Vitamin C. Selain itu, di dalam bunga edelweiss terdapat kandungan berupa senyawa yang menenangkan kulit halus dan melindunginya dari tanda-tanda penuaan. Selanjutnya, kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu komponen penyusun dari produk kosmetik seperti produk anti penuaan untuk kulit sensitive yang sudah dirilis oleh perusaan mancanegara, dimana perusahaan ini menggunakan ekstrak dari edelweiss untuk diolah menjadi sebuah produk yang mengkombinasikan antioksidan kuat dan senyawa lain di dalamnya. Karena tidak memiliki racun, edelweiss oleh masyarakat sekitar juga digunakan sebagai pengobatan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati sakit perut dan gangguan pernafasan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wahyudi, Didik. 2010. DISTRIBUSI DAN KERAPATAN EDELWEIS (Anaphalis javanica) DIGUNUNG BATOK TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU.

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/bio/article/view/1694. Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 08.32 WIB.

http://www.wisatajatim.info/gunung-batok-si-tetangga-bromo-yang-tak-kalah-mengagumkan/. Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 08.36 WIB.

https://doaj.org/article/277c818b2a6f495c8becc31169ae408c. Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 08.47 WIB.

http://nasional.tempo.co/read/news/2012/11/02/206439178/5-tahun-lagi-tak-ada-edelweis-di-bromo  Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 08.47 WIB.

http://www.plantesystem.com/plants/edelweiss-8.html. Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 08.47 WIB.

http://www.pakcosmetics.com/brand/Edelweis. Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 08.48 WIB.

http://www.gaelleorganic.com/blog/edelweiss-extract-a-boon-for-sensitive-skin/. Diakses pada tanggal 21 Desember 2015 pukul 09.01 WIB.

www.materipertanian.com/klasifikasi-dan-ciri-ciri-morfologi-edelweis/. Diakses pada tanggal 27 Desember 2015 pukul 19.38 WIB.

Tentang Penulis
Milade Annisa Muflihaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2018-01-12
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *