durian arab

Artikel
durian arab
Flora
1855
14 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

Bicara mengenai kandungan yang terdapat dalam buah sirsak memang tidak ada duanya buah yang sering disebut durian arab ini memilki kandungan Vitamin yang paling dominan, pada buah sirsak ada vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah.  dengan Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), berarti hal ini telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah. dan selain itu sirsak ini memilki daun yang berguna untuk obat deman, cara  pembuatan obat demam ini dengan cara merendam daun ini dalam air lalu membasuh nya kepda badan anak yang demam, air rendaman ini bersifat dingin dan berfungsi untuk menetralkan kondisi suhu tubuh si anak tersebut.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *