Desmodium gangeticum

Artikel
Desmodium gangeticum
Flora
64
4 Oktober 2020
Universitas Negeri Terbuka
Penulis
Hazman yusron
3
posting

Desmodium gangeticum (Fabaceae)

“Desmodium gangeticum”

Adalah salah satu spesies tumbuhan bawah dari family Fabaceae yang dapat tumbuh lebih dari satu meter. Tumbuhan ini tersebar luas di sebagian besar Afrika, Asia termasuk Indonesia dan Australasia. Tumbuhan ini juga diperdagangkan secara komersial di India dengan nama tradisional ‘Sarivan’.

Gangeticum mempunyai batang pendek, herba sampai berkayu yang tumbuh sub-tegak dan bercabang-cabang menyebar, dengan ketinggian maksimum kira-kira 1 sampai 1,5 meter. Daunnya yang runcing dan bulat telur sebagian besar berwarna hijau namun kadang berbintik abu-abu, sedangkan bunganya yang memanjang berwarna putih hingga keungu-unguan. Bunga-bunga ini diikuti oleh polong biji manik-manik yang diselimuti rambut-rambut kecil untuk melancarkan penyebaran benih secara luas dengan cara mengaitkan ke tubuh hewan atau manusia yang melewatinya. Pembungaan dan pembuahan terjadi dua kali setahun, antara Mei hingga Juni dan sekali lagi pada bulan September hingga Oktober.

 

Seluruh tanaman banyak digunakan dalam pengobatan asli sebagai analgesik, anti inflamasi, afrodisiak, antiseptik, astringen, diuretik, ekspektoran, obat penurun panas, hemoragik dan obat penenang. Penyakit yang membutuhkan pengobatan gangeticum termasuk asma, kandung kemih dan batu ginjal, batuk, diare, demam, sakit kepala, bengkak, sakit gigi dan muntah.

Sumber; arkhamsbotanical.com

2
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *