Daun Wati

Artikel
Daun Wati
Flora
2469
24 Januari 2015
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi           : Magnoliophyta 
classis          : Magnoliopsida 
Ordo            : Piperales
Famili
a         : Piperaceae 
Genus          : 
Peperomia
Spesies        : 
Piper methysticum

Deskripsi

Tanaman ini masih tergolong dalam jenis perdu karena batangnya masih kurang dari 4 m. batangnya keras, berwarna cokelat tua, dan beruas, daunnya berbentuk jantung tumbuh berselang seling, ukuran daunnya; panjang 15-20 cm, lebar 10-15 cm. tidak mempunyai akar penancap, arah tumbuhnya erectus, tidak menjalar, buahnya majemuk bulir berbentuk pajang sulindris, juga termasuk dalam buah buni.

Manfaat

Bagian Tanaman yang digunakan

  • Akar Akar dan Batang dibersihkan dari kotoran dan tanah, dikunyah sampai menghasilkan banyak cairan di dalam mulut lalu diludahkan kewadah yang terbuat dari tempurung kelapa (manggom) berdiameter 5-6 cm. Proses ini dilakukan sampai tidak menghasilkan rasa. Hasil tersebut siap untuk diminum tampa diisaring dan ditambah dengah air
  • Batang Bahan Baku Minuman dan Obat Batuk, Luka akibat tertusuk kayu. Obat Batuk : Batang dikunyah sambil diisap sari dari batang tersebut oleh yang sakit. Obat luka : Batang dikunyah sampai halus, kemudian ditempelkan pada luka akibat tertusuk kayu.
  • Daun Obat luka akibat gigitan serangga, kaki seribu dan luka akibat tertusuk duri ikan Bambit, Ikan Duri dan Ikan Pari. Obat luka : Helaian daun diberi tembakau dan parutan kunyit lalu digulung. Gulungan tersebut dimasak dengan santan sampai mendidih. Angkat dan dibiarkan sampai hangat lalu ditempelkan pada luka.

Sumber: 

  • http://goresantangansederhana.blogspot.com/2012/04/beberapa-spesies-dari-famili-piperaceae.html
  • http://agungwasur.blogspot.com/2012/10/tanaman-wati-piper-methysticum-dalam.html
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *