Cucak Kutilang dan Merbah Crukcuk

Artikel
Cucak Kutilang dan Merbah Crukcuk
Satwa
3750
24 Juni 2014
Penulis
Gusti Wicaksono
62
posting

Suku besar di Asia dan Afrika. Memiliki leher dan sayap pendek, ekor agak panjang dan paruh ramping. Mempunyai bulu yang halus dan lembut, beberapa jenis berjambul tegak. Burung cucak-cucakan terutama pemakan buah-buahan, walaupun mereka juga pemakan serangga. Merupakan burung yang penuh percaya diri, dengan kicauan yang ramai, dan sangat musikal pada beberapa jenis. Cenderung hidup dipohon dan membuat sarang tidak rapih.             Ada dua jenis dari suku Pycnonotidae yang sering kita jumpai baik itu di RTH ( Ruang Terbuka Hijau) , taman, maupun pekarangan rumah yaitu : Cucak Kutilang (Pycnonotus aurigaster ) dan Merbah Crukcuk (Pycnonotus goiavier)

CUCAK KUTILANG

Pycnonotus aurigaster Sooty Heanded Bulbul (20 cm)  

 

Deskripsi :   Bertopi hitam dengan tunggir keputih-putihan dan tungging jingga kuning. Dagu dan kepala atas hitam. Kerah , tunggir, dada, dan perut putih. Sayap hitam, ekor coklat. Iris merah, paruh dan kaki hitam.  

Suara: Merdu dan nada nyaring “cuk-cuk”, dan “cang-kur” yang di ulangi cepat.  

Kebiasaan: Hidup dalam  kelompok yang aktif dan ribut, sering berbaur dengan jenis cucak lain. Lebih menyukai pepohonan terbuka bahkan kota besar.

 

MERBAH CERUKCUK 

Pycnonotus goiavier Yellow Vanted Bulbul (20 cm)

     

Deskripsi:   Tubuh berwarna coklat dan putih denggan tunggir kunging khas. Mahkota coklat gelap dengan alis putih dan kekang hitam. Tubuh bagian atas coklat. Tenggorokan,dada, dan perut putih dengan coretan coklat pucat pada sisi lambung. Iris coklat, paruh hitam, kaki abu-abu merah jambu.  

Suara: Berulang “jok-jok-jok”.  

Kebiasaan: Membentuk kelompok, sering berbaur dengan jenis cucak-cucakan lain. Berkumpul ramai-ramai di tempat bertengger.menyukai habitat terbuka, tepi jalan dan kebun. Menghabiskan waktu lebih lama untuk makan di atas tanah dari pada cucak-cucakan jenis lain.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *