Cucak Kelabu

Artikel
Cucak Kelabu
Satwa
5461
5 Januari 2015
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Cucak Kelabu adalah spesies burung kicau dari keluarga Pycnonotidae. Burung ini hidup dalam kelompok kecil di lapisan tengah dan bawah pada hutan terbuka dan semak di kaki gunung pada rentang ketinggian antara 500-1000 mdpl di Sumatera dan sampai ketinggian 2400 mdpl di Kalimantan. Berukuran sedang (16 cm.), berkepala gelap, berwarna zaitun dengan tubuh bagian bawah abu-abu khas. Mahkota dan tengkuk abu-abu gelap, sisi sayap dan bulu ekor tengah kehitaman. Mantel, punggung, dan penutup sayap hijau-zaitun dengan bulu sekunder lebih pucat, tungging kuning-emas. Iris coklat gelap; paruh hitam; kaki hitam. Persebaran Cucak Kelabu hingga Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Terdiri atas 2 sub-spesies dengan daerah persebaran:

  • cyaniventris Blyth, 1842 – Ujung Selatan Myanmar (Tenasserim Selatan), Thailand Selatan, Semenanjung Malaysia dan Sumatera (termasuk P. Sipura).
  • paroticalis (Sharpe, 1878) – Kalimantan.

Hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang jarang terlihat di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1000 mdpl.

Status IUCN : Mendekati Terancam (NT)

 

 

Photo by : Flickr

Source : Burung Indonesia, Kutilang Indonesia

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *