Ciu Besar / White-browed Shrike-Babbler

Satwa
Ciu Besar / White-browed Shrike-Babbler
2 Juli 2015
1856

Tidak jarang terdapat di hutan pegunungan antara ketinggian 1000-2800 m, di seluruh Sumatera, Kalimantan, Jawa. Hidup berpasangan atau dalam kelompok campuran, bergerak melewati tajuk pohon dan tajuk atas, menangkapi serangga. Menyelinap menyamping di sepanjang ranting-ranting kecil, tekun mencari ikan, Ulat kupu-kupu, belalang, kumbang dan serangga lainnya.
Di Jawa terdapat catatan bersarang pada bulan Mei; telur dua atau tiga butir berwarna merah jambu pucat berbintik-bintik ungu diletakkan pada sarang yang terletak seperti ayunan pada pohon yang tinggi.

Berukuran kecil (13 cm), berwarna hitam putih. Jantan : kepala hitam, garis alis putih, mantel dan bulu abu-abu, ekor hitam. Sayapnya hitam dengan warna putih pada ujung bulu primer dan warna coklat berangan emas pada bulu tersier, tubuh bagian bawah putih. Betina : BErwarna lebih buram, tubuh bagian bawah kuning, kepala hijau-zaitun, warna ujung sayap kurang terang.
Iris abu-abu, paruh hitam keabu-abuan, kaki keputih-putihan. Nyaring, monoton resik “cip-cip-cip” dan berbagai variasinya, yang diulang terus.

 

Photo by : Imam Taufiqurrahman

Source : Kutilang Indonesia

Tentang Penulis
Bagus Satrio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2019-08-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *