CICA PAPUA MERAH

Artikel
CICA PAPUA MERAH
Satwa
1149
1 Januari 2015
Penulis
adam sudrajat
167
posting

Deskripsi
Burung berukuran 25 cm. Paruh panjang berwarna kuning mencolok, dengan kepala kecil dan tubuh ramping berbulu merah-karat; mahkota dan muka lebih pucat; ekor panjang, membundar, merah-karat mencolok.
Mirip Pitohui karat yang berukuran lebih besar, lebih langsing, berparuh hitam dan bermata putih. Mirip Pitohui jambul yang nampak lebih gemuk-pendek, dengan jambul yang utuh dan paruh berwarna hitam. Mirip dengan burung betina Kepudang-sungu hitam yang berukuran lebih kecil dengan paruh pendek-tebal. Juga mirip dengan Cucuk-lurus coklat yang ukurannya jauh lebih kecil.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Hidup dalam kelompok permanen, terbang bersama melalui hutan. Burung pemalu namun penuh rasa ingin tahu. Memakan artropoda besar, termasuk rayap, dan kadal kecil. Sering beristirahat di dalam sarang yang menggantung panjang, secara bersama dalam kelompok. Sarang biasanya ditautkan pada rotan pemanjat Calamus spp. yang berduri. Sarang tempat istirahat ini berganti setiap tahun; sarang baru hanya dibangun di dekat sarang lama. Menghuni semak hutan pamah dan hutan hujan perbukitan sampai ketinggian 500 mdpl. Memakan serangga dan reptil kecil, tetapi hanya sedikit informasi yang tersedia.
Mencari makan secara berkelompok terdiri dari 4-10 indivivu, mengunjungi tumbuhan bagian bawah hutan, sesekali ke lantai atau tajuk bawah hutan. Bergerak ke atas, menyisir percabangan pohon. Kadang bergabung dengan kelompok burung campuran bersama Srigunting lencana dan Pitohui karat.
Sarang berbentuk seperti tabung dengan panjang 1-2 m, dilengkapi pintu masuk samping. Sarang tersusun dari ranting dan paku-pakuan kering, yang dijalin dengan daun bambu atau palem, dalam posisi menggantung 3-9 m diatas lantai hutan. Kadang beberapa sarang terletak saling berdekatan

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *