Ceumpala Kuneng, Kucica Ekor Kuning

Satwa
Ceumpala Kuneng, Kucica Ekor Kuning
21 Juni 2017
1623

Kerajaan              : Animalia

Filum                   : Chordata

Kelas                    : Aves

Ordo                     : Passeriformes

Famili                   : Muscicadae

Genus                   : Trichixos

Spesies                 : Trichixos pyrropygus

Kucica Ekor Kuning (Trichixos pyrropygus) merupakan maskot dari Provinsi Aceh. Iya, Kucica Ekor Kuning atau masyarakat Aceh biasa menyebutnya Ceumpala Kuneng ini merupakan fauna khas Aceh mendampingi Bungoeng Jeumpa sebagai Flora khas Aceh,

Kucica Ekor Kuning berukuran sedang yakni 21 cm. Untuk yang jantan ciri-cirinya ialah terdapat warna hitam pada tubuh bagian atas, tenggorokan dan dada juga terdapat warna hitam, alis yang berwarna putih, ekor berwarna oranye dan pada ujung ekornya berwarna hitam, dan pada bagian perut hingga di bagian kloaka terdapat warna oranye. Sedangkan untuk yang betina ciri-ciri fisiknya ialah warna coklat tampak di bagian atas tubuh, warna coklat muda terlihat di bagian perut, ekor warna oranye dan bagian ujung ekornya juga berwarna hitam seperti yang jantan. 

Habitat Ceumpala Kuneng adalah di pepohonan sepanjanga dataran rendah. Untuk sekarang, Ceumpala Kuneng cukup sulit ditemukan dikarenankan perburuan liar dan pengrusakan habitatnya. Sekarang Ceumpala Kuneng dikonservasi di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh.

Referensi

Sumber gambar: www.wikipedia.org

sumber bacaan: www.burungocehan.link

Tentang Penulis
Muhammad Abrar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *