Cendrawasih Botak

Satwa
Cendrawasih Botak
14 Desember 2014
1940

Deskripsi
Sedang (17 cm.). Memiliki ciri khas berupa kulit tanpa bulu yang berwarna biru di kepala bagian atas, baik pada burung jantan maupun betina. Burung betina mirip dengan betina Cendrawasih raja, bedanya Pada betina Cendrawasih raja tidak terdapat warna biru pada bagian kepala/mahkota.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Hidup di hutan perbukitan dan bagian tengah hutan pegunungan pada ketinggian 300 m sampai sekitar 1000 m. Memakan buah dan artropoda. Burung fase berbiak tercatat ditemukan pada bulam Mei sampai juni dan di bulan Oktober.

Pada musim berbiak, burung jantan menggelar pertunjukan di atas tanah, biasanya pada hutan yang rapat. Sebelum beraksi, burung membersihkan arena terlebih dahulu dari seresah hutan, serta memangkas dedaunan pada pohon-pohon kecil disekitar arena display. Pertunjukkan untuk menarik pasangan oleh jantan meliputi beberapa pose diam, tarian, gerakan pada bulu dahi, tameng dada, dan ekor tengah yang panjang. Tipe perkawinannya poligini. Burung betina membangun sarang dan merawatnya tanpa bantuan burung jantan.

Tentang Penulis
Panji Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *