Cendrawasih biru

Artikel
Cendrawasih biru
Satwa
2933
30 Desember 2014
Penulis
adam sudrajat
167
posting

Cendrawasih biru adalah jenis burung cendrawasih berukuran sedang yang memiliki panjang sekitar 30cm. Ciri-ciri burung ini memiliki warna hitam dan biru, paruh putih kebiruan, kaki abau-abu, iris mata berwarna coklat tua, di sekitar mata terdapat dua buah setengah lingkaran putih dan sayap berwarna biru terang

Cendrawasih Biru jantan dewasa memiliki bulu-bulu jumbai hiasan pada sisi dada yang berwarna biru keunguan jika dilihat dari bawah dan berwarna coklat kemerahan jika dilihat dari atas. Pada bagian dadanya terdapat lingkaran oval hitam dengan tepi berwarna merah. Diekornya terdapat dua buah tali panjang berwarna hitam dengan ujung membulat berwarna biru. Betina berukuran lebih kecil, tanpa dihiasi bulu hiasan dan tubuh bagian bawah berwarna coklat kemerahan. Burung ini dapat ditemukan di hutan-hutan pegunungan Papua Nugini bagian timur dan tenggara, umumnya dari ketinggian 1.400 meter sampai ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

Cendrawasih biru mengkonsumsi makanan yang terdiri dari buah-buahan dan aneka serangga. Akibat dari habitat burung ini yang terus berkurang, burung ini telah masuk dalam kategori langka dan dilindungi oleh hukum di Papua Nugini.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *