Cemara Norfolk

Flora
Cemara Norfolk
13 Juli 2016
8591

Cemara Norfolk / Araucaria heterophylla adalah tanaman cemara yang memiliki bentuk unik dibandingkan jenis cemara lainnya. Permukaan batang tanamannya kasar dan mengandung resin yang dapat dimanfaatkan juga di industri kosmetika. Cemara Norfolk juga memiliki bunga dengan benang sari yang banyak yang dapat menghasilkan buah berbentuk runjung yang jika sudah matang berukuran besar dengan diameter 10 – 13cm. Bentuk pohon cemara ini secara keseluruhan seperti berbentuk piramida sehingga sering juga digunakan sebagai pohon natal.

Cemara Norfolk menyukai kondisi lingkungan dengan intensitas cahaya matahari penuh, tanah gembur, drainase yang baik, dan menyukai dataran rendah. Pohon cemara ini juga tahan terhadap hembusan angin. Selain itu, cemara Norfolk juga dapat dimanfaatkan sebagai peneduh jalan, sebagai tanaman penahan angin, erosi, dan banjir, cocok juga untuk penghijauan. Kayu pohon cemara Norfolk juga dapat dijadikan sebagai kayu bakar, namun karena kandungan resin yang tinggi kayu menjadi cepat habis terbakar. Perbanyakan cemara Norfolk dapat dilakukan dengan cara cangkok batang dan melalui biji cemara.

Klasifikasi! Kingdom: Plantae; Divisi: Pinophyta; Kelas: Pinopsida; Ordo: Pinales; Famili: Araucariaceae; Genus: Araucaria; Species  : Araucaria heterophylla

(sumber: Galeri pribadi)

(sumber: Galeri pribadi)

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *