Capung Hijau

Artikel
Capung Hijau
Lain-lain
1407
2 Oktober 2014
Penulis
Ismail Adha
46
posting

Neurothemis adalah genus dari capung dalam keluarga Libellulidae. Sebagian besar spesies Neurothemis berwarna merah.

Fluctuans Neurothemis (Fabricius, 1793), Merah Grasshawk, adalah spesies yang relatif kecil. Pada laki-laki, yang hindwing 22 hingga 25 mm dan total panjang tubuh berkisar 30-34 mm. Neurothemis fluctuans besarbesaran sekitar 0,5 cm lebih pendek dari Neurothemis terminatata dan Neurothemis ramburi. Perut terutama coklat tua lacking didefinisikan dengan baik merah menandai.

Laki-laki memiliki thorax merah kecoklatan dan perut. Sayap hampir seluruhnya merah kecoklatan kecuali untuk tips dan lentik band yang jelas tipis sekitar pinggiran belakang dari sekitar titik tengahnya. Perbatasan daerah berpigmen pada kurva hindwing kembali untuk memenuhi pinggiran belakang sebelum tingkat pterostigma tersebut. Tingkat patch gelap ini adalah variabel, kadang-kadang mencapai dasar pterostigma dan kadang-kadang memanjang ke ujung distal. Perempuan adalah coklat muda (keabu-abuan ketika tua) dengan garis-garis gelap di sepanjang perut dan memiliki sayap yang jelas dengan sayap hialin dengan warna kuning sedikit di dasar. Sayap perempuan adalah ditandai.

Capung ini tidak malu dan dapat dengan mudah didekati sedekat 30 cm tanpa terkejut. Namun, pasangan kawin jauh lebih sensitif terhadap gangguan. Sedikit gerakan oleh pengamat 4 sampai 5 m dapat menyebabkan pasangan untuk terbang jauh. Hal ini sangat umum di terbuka, terganggu habitat dan juga usaha jauh dari lokasi pembibitan ayam. Ini melahirkan setidaknya sampai 1000 m dan dapat ditemukan jauh lebih tinggi sebagai gelandangan.

Tersebar luas di Asia tropis, ditemukan di China, Indonesia, India, Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Semenanjung Malaysia, Thailand. Neurothemis fluctuans adalah baik luas dan umum, berkembang biak di habitat terbuka dan terganggu dan tidak terancam. IUCN Red List diakses sebagai Least Concern.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *