caladi tilik

Artikel
caladi tilik
Satwa
1374
24 Oktober 2014
Penulis
haris husein
38
posting

Deskripsi
Berukuran kecil (13 cm), berwarna hitam dan putih. Topi coklat gelap. Tubuh bagian atas coklat gelap berbintik putih. Tubuh bagian bawah putih kotor bercoretkan hitam. Sisi muka putih dengan bercak pipi abu-abu, setrip malar hitam lebar. Jantan: ada garis merah tipis di belakang mata. Iris merah, paruh atas hitam, paruh bawah abu-abu, kaki hijau.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Dulu agak jarang di Sumatera, tetapi sekarang umum terdapat dan tersebar luas di hutan yang cukup terbuka. Di Kalimantan, kebanyakan hidup di daerah pantai. Di Jawa dan bali, umum terdapat di ketinggian rendah. Perilaku khas pelatuk kecil, bergerak perlahan-lahan pada batang pohon atau pohon mati untuk mencari makan, biasanya menyendiri. Tinggal di hutan sekunder, lahan terbuka, dan hutan mangrove. Memakan semut, kumbang, dan serangga lainnya.
Musim berbiak yang utama pada bulan April sampai Juni tetapi beberapa sarang dijumpai juga pada bulan Oktober. Telur dua atau tiga butir berwarna putih yang diletakkan dalam lubang pohon pada bagian ujung dari pohon yang patah.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *