Bunga Soka Jawa Penghias Taman Kota

Artikel
Bunga Soka Jawa Penghias Taman Kota
Flora
4229
23 Juli 2014
Penulis
Apris Nur Rakhmadani
84
posting

Bunga soka jawa adalah bunga yang ada Pulau Jawa. Bunga ini banyak ditemukan dipemukiman warga. Bunga ini adalah adalah salah satu anggota dari suku ”Rubiaceae”. Nama ilmiah bunga soka jawa adalah Ixora Javanica. Tanaman soka jawa sering digunakan sebagai tanaman penghias tanaman dan sebagai tanaman pagar yang dapat dibentuk. Tumbuhan ini memiliki bunga yang hampir selalu mekar sehingga cocok untuk menghiasi taman supaya lebih berwarna. Soka jawa juga termauk tumbuhan yang selalu hijau.

 

Bunga soka jawa hidup di daerah dengan iklim tropis. Tumbuhan ini membutuhkan pencahayaan yang cukup intensif dan pengairan yang cukup. Air yang digunakan untuk mengairi juga bukan sembarang air.  Air untuk mengairi tanaman ini harus tanpa kadar kapur. Tanaman khas Jawa ini juga memerlukan kelembaban dengan kadar suhu kamar. Meskipun demikian, tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang mudah dirawat, meskipun minim perawatan tumbuhan ini masih bisa tetap bertahan hidup.

Soka jawa masuk dalam kategori tumbuhan berbunga sehingga tumbuhan ini juga memiliki bunga seperti kelasnya. Bagian bunga soka jawa terdiri dai kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, kepala sari dan tangkai bunga.  Bunga tumbuhan jenis soka ini terletak di bagian apikal tanaman yaitu bagian ujung tanaman. Warna mahkota bunga adlaah merah agak orange. Ukuran calyx dapat mencapai hingga 3 mm. Bunga pada tanaman soka jawa ini berkumpul menjadi satu pada bagian pucuk-pucuk tanaman.  Mahkota bunga berjumlah empat dan tersusun memutar serta diameter mahkota bunga atau corolla dapat mencapai hingga 2,5. Bagian mahkota bunga pada tanaman ini terdapat suatu ruang kecil seperti tabung sempit.Bunga soka jawa memiliki waktu mekar yang cukup lama yaitu mulai dari bulah Mei hingga September.Bunga soka jawa banyak menarik kupu-kupu.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *