Bunga Matahari Mini

Flora
Bunga Matahari Mini
18 Agustus 2021
2396

Chrysanthemum lavandulifolium atau yang sering kita sebut sebagai bunga matahari mini.

 

Bunga matahari mini itu jenis bunga matahari atau bukan? Kan namanya bunga matahari, pasti masih satu jenis.

Itu SALAH.

 

Kebanyakan orang mengira bahwa bunga matahari mini masih satu keluarga (genus) dengan bunga matahari. Namun ternyata, bbunga matahari minitermasuk salah satu keluarga bunga aster loh, yaitu Aster thomsonii. Jika kita

lihatt secara nama keluarga (genus) pun mereka sudah berbeda loh, bunga matahari itu Heliantheae sedangkan bunga matahari mini Chrysanthemum.

 

Bunga matahari mini bisa hidup diiklim apapun dari mulai kubub hingga tropis. Namun, kebanyakan hidup di daerah yang panas seperti gurun atau daerah semi-gurun. Bahkan bunga matahari mini ada disetiap benua, kecuali benua Antartika.

Selain itu banyak juga tumbuh didaerah subtropis seperti di Amerika bagian tengah, Brazil bagian timur, Meditarenia, Asia Tengah, Levant (Suriah Palestina), Afrika bagian selatan, dan Cina bagian barat daya.

Saking banyaknya bunga matahari mini termasuk ke dalam 10% bunga terbanyak didunia.

 

Kalau kalian perhatikan bunga matahari mini banyak kita jumpai pada bulan Oktober sampai November. Dan biasanya mereka tumbuh di tanah-tanah yang lembab dan banyak mendapat sinar matahari. Mungkin karena lah kita sering menyebutnya sebagai “bunga matahari” uniknya lagi bunga ini kebal terhadap suhu tinggi dan tetap bisa hidup walaupun tidak ada uap air. Sehingga mendapat julukan sebagai “tanaman abadi”.

Tentang Penulis
Dewi Anggita Putri
SMA Negeri 1 Majenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2021-08-18
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *