Bunga Jeumpa “si maskot Aceh”

Flora
Bunga Jeumpa “si maskot Aceh”
8 Mei 2016
4736

Halo sahabat Warriors! tahukah sahabat tentang bunga jeumpa yang cantik dan wangi ini?

Klasifikasi ilmiah! Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta ;Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Magnoliales; Famili: Magnoliaceae; Upafamili: Magnolioideae; Genus: Michelia; Spesies: Michelia champaca

(sumber: internet)

Bunga jeumpa merupakan flora identitas / maskot provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Bunga jeumpa / Michelia champaka atau disebut juga Cempaka Kuning merupakan satu dari sekitar 50 spesies anggota genus Michelia. Bunga jeumpa merupakan pohon atau perdu yang mempunyai tinggi antara 3 – 6 meter.  Memiliki bunga yang berbau wangi dan berwarna oranye, kuning atau putih krem, ukuran agak besar, dan helaian bunganya tersusun dalam untaian yang banyak. Buahnya berwarna cokelat yang terdiri atas 2 - 6 biji. Perbanyakan bunga jeumpa pun dapat dilakukan dengan mudah melalui biji, yang akan tumbuh kurang lebih 3 bulan sesudah biji disebar dan dalam waktu 4 - 5 tahun pohonnya telah menghasilkan bunga.

Sahabat Warriors, Bunga jeumpa memang tidak termasuk dalam kategori flora yang langka karena masih banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia baik yang tumbuh liar maupun yang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Namun, kita tetap harus menjaga serta melestarikan bunga ini agar masyarakat juga mengenal dan mengetahui maskot dari provinsi Aceh ini.

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *