Bunga Canna Lily/ Bunga Tasbih

Flora
Bunga Canna Lily/ Bunga Tasbih
5 Maret 2020
11707

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mempunyai mandat untuk menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu. ITERA memiliki tiga slogan utama, yaitu Smart, Friendly, dan Forest Campus. Smart dalam hal memaksimalkan potensi lingkungan tropis, Kampus Friendly yang terbuka bagi seluruh masyarakat untuk berperan serta aktif, dan menjadi Forest Campus terinspirasi dari asal mula kampus yang berbentuk hutan karet. Arah pengembangan Forest Campus ITERA adalah hutan kampus yang mampu merepresentasikan dan mempertahankan megabiodiversitas Sumatera. Misi Forest Campus ITERA sangat relevan dengan fungsi kebun raya sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya, yaitu sebagai tempat konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan. Fungsi konservasi sebagai domain keberadaan Kebun Raya ITERA sejalan dengan tujuan Forest Campus dalam mempresentasikan dan mempertahankan megabiodiversitas Sumatera.

 Konsep kebun raya mengusung misi yang memadukan fungsi konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan. Berbagai jenis tumbuhan terutama jenis-jenis liar (wild species) yang endemik, langka, terancam punah, bernilai ilmiah tinggi dan/atau memiliki potensi ekonomi menjadi prioritas untuk dikonservasi secara ex situ di dalam kebun raya. Salah satu tanaman yang ada di kebun raya ITERA adalah Bunga Canna Lily, dengan penjelasan nya adalah sebagai berikut :
Bunga Canna Lily
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Zingiberals
Famili : Cannaceae
Genus : canna
Bunga tasbih adalah tanaman yang tergolong tanaman luar dengan nama latin Canna lily.Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang mempesona. Dan teryata dibalik pesona aneka warnanya bunga kana memiliki daya penyembuhan yang luarrr biasa. Bunga kana atau bunga tasbih berasal dari daerah tropis  benua Amerika. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini tumbuh besar, tegak, dengan tinggi mencapai dua meter. Tanaman ini memiliki rimpang tebal menyerupai ubi. Daunnya besar dan lebar, menyirip jelas. Warnanya hijau atau merah tengguli. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan.

Morfologi Bunga Tasbih :
Morfologi bunga tasbih, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki sebagai berikut:

1. Akar
Ciri akar bunga tasbih memiliki sistem perakaran serabut (Adix adventicia),  dengan akar rimpang (rhizoma).

2. Batang
Ciri batang bunga tasbih memiliki percabangan monodial, batang berbentuk bulat (teres), permukaan batang rata (laeves), batang berdaging, batang mengandung air (herbaceous), batang mempunyai nodus, berwarna hijua dan terbentuk dari pelepah-pelepah daun yang saling menutupi satu sama lain sering disebut “batang palsu”

3. Daun
Ciri daun bunga tasbih adalah daun tunggal, tersusun dalam tangkai pendek dan tumbuh berselang-seling, berbentuk oval dengan ujung runcing, permukaan atas berwarna hijau, tembaga gelap atau keunggu-ungguan dan tulang daun menyirip (pennversis).

4. Bunga
Ciri bunga tasbih adalah bunga majemuk, berbentuk tandan  (racemus) dan muncul pada ujung batang. Bunga tasbih termasuk bunga bisekxualis, benang sari 4 steril dan 1 fertil, bentuk lembaran mahkota disebut  stamenidium.  Putik berbentuk pipih, letak ovarium inferum terdiri dari 3 carpellum, 3 loculus, 3 ovulum, dan terdapat perhiasan bunga berupa corolla 3 petal ,epas dan calyx 3 sepal lepas.

5. Buah
Ciri buah bunga tasbih berbentuk bulat telur dan pada bagian luar terdapat duri lunak. Bijinya 4-5 buah dan berbentuk bulat.

Manfaat Bunga Canna Lily :
Tanaman ini di Australia dikenal sebagai penghasil tepung. Rasa rimpang yang manis dan bersifat sejuk menjadikan umbinya sebagai penyejuk, pereda demam, peluruh kencing, penenang dan menurunkan tekanan darah. Sedangkan bunganya bersifat hemostatis. Sedangkan daunnya mengandung tannin dan sulfur. Dan menurut Yellia Mangan seorang herbalis di Jakarta rimpang bunga tasbeh ini lebih baik daripada daun sirih untuk menghilangkan keputihan.

Tentang Penulis
Melta Elnando
ITERA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-05
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *