Bumblebee Goby: Ikan Kecil yang Adaptif

Satwa
Bumblebee Goby: Ikan Kecil yang Adaptif
6 Maret 2023
1236

Mungkin ada dari teman-teman yang familiar dengan ikan ini? Ikan ini biasa dikenal dengan nama bumblebee goby. Ikan yang berasal dari genus Brachygobius ini tersebar di perairan Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Tergolong ikan demersal, bumblebee goby memiliki sirip ventral yang dapat mereka permukaan batu atau benda lain.

 

Penulis pertama kali bertemu dengan ikan ini pada tahun 2017 saat kegiatan kuliah di danau Situ Gede, Bogor. Uniknya, penulis juga bertemu dengan ikan ini saat kegiatan kuliah di kawasan mangrove Blanakan, Subang. Yup, bumblebee goby memang tergolong ikan euryhaline yang mampu mentolerir kisaran salinitas yang luas. Itu sebabnya, mereka bisa hidup di air tawar maupun air payau.

 

Ikan ini belum banyak diteliti di Indonesia. Saat ini, status konservasi IUCN ikan ini adalah Least Concern. Meski demikian, kita harus tetap menjaga habitatnya agar populasi mereka di alam tetap lestari. Terlebih karena sekarang perairan danau dan mangrove yang menjadi habitat bumblebee goby sering dimanfaatkan sebagai tempat wisata, sehingga adanya pengelolaan yang baik sangat diperlukan.

 

Sumber: https://www.fishbase.se/summary/Brachygobius-doriae.html

Gambar cover: Hippocampus-Bildarchiv

Tentang Penulis
Raihan Pambudi
Institut Pertanian Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2023-03-06
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *