Buah Naga yang memiliki warna daging buah yang berbeda

Flora
Buah Naga yang memiliki warna daging buah yang berbeda
10 Juli 2016
2022

 

Tanaman kaktus (Hylocereus sp) merupakan tumbuhan yang tergolong dalam famili Cactaceae dan subfamili Hylocereanea. Tanaman ini merupakan tanaman dari Asia. Namun, daerah asal tanaman buah naga sendiri berasal dari Meksiko, amerika Tengah dan amerika Utara. Tanaman buah naga mulai dikenal di Negara Indonesia sekitar pertengahan tahun 2000. Awalnya, daerah yang membudidayakan tanaman buah naga adalah daerah di pulau Jawa seperti Pasuruan, Jember, Mojokerto, dan Jombang.

Pada mulanya, tanaman buah naga dikenal sebagai tanaman hias, namun karena perkembangan dari masyarakat yang menyebabkan tanaman ini bukan menjadi tanaman hias aja, tetapi juga tanaman buah. Mengapa dikatakan sebagai tanaman hias dulunya? Karena tanaman buah naga memiliki batang yang unik yaitu berbentuk segitigadan durinya pendek dan tidak tersebar letak durinya. Buah naga memiliki biji yang berukuran kecil dan berjumlah banyak, yaitu sekitar 1200-2300 biji. Bunga pada tanaman buah naga memiliki mahkota bunga yang berwarna putih, buah dari tanaman buah naga pada umumnya berbentuk bulat. Ketebalan kulit buah sekitar 1,5 - 3 cm.

Jenis - jenis tanaman buah naga pada ada 4, yaitu:
1. Hylocereus undatus

Memiliki daging buah yang berwarna putih, kulit buah berwarna merah, memiliki rasa kurang manis karena rasa buah asam yang bercampur dengan manis, bijinya berwarna hitam

2. Hylocereus polyrhizus

Memiliki daging buah berwarna merah keunguan, kulit buah berwarna merah, rasanya lebih manis debandingkan dengan naga putih, pada kulit buah terdapat terdapat sisik atau jumbai  berwarna hijau


3. Hylocereus costaricensis

Warna daging buah lebih merah dibandingkan Hylocereus polyrhizus rasa buah manis.


4. Selenicereus megalanthus

Kulit buah berwarna kuning, kulit buah masih terdapat tonjolan-tonjolan rasa buah lebih manis dibanding buah naga lainnya.

Meskipun jenis buah naga berbeda-beda, namun perawatan pada tanaman buah naga tetap sama.

Tentang Penulis
Ariannisa Ramadhanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-05-06
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *