Binturung

Animal
Binturung
23 May 2016
2859

Binturong/Binturung

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Carnivora

Famili: Viverridae

Upafamili: Paradoxurinae

Genus: Arctictis 

Spesies:  Arctictis binturong                 

 

              Binturung ? Apasih sebenrnya binturung? Jenis hewan ? Hewan apa yah ? .Kini kita akan membahas seputar Binturung. Binturung (Arctictis binturong) merupakan jenis musang. Dimana musang ini digolongkan kedalam musang yang berukuran besar. Binturung merupakan hewan berbulu lebat seperti beruang dan berekor panjang. Namun jika dilihat lebih dekat hewan ini memiliki kumis yang panjang dan lebat seperti kucing. Sehingga ketika melihat ini merupakan campuran atau mix antara beruang dengan kucing.

            

                Binturung memiliki tubuh yang berukuran besar dan ekor yang besar dan panjang. Panjang tubuh Binturong antara 60 – 95 cm, sedangkan panjang ekornya antara 50 – 90 cm. Beratnya binatang sejenis Musang ini sekitar 6 – 14 kg, bahkan bisa mencapai 20 kg. Binturung memiliki kuku yang tajam dan melengkukung. Binturung merupakan hewan pemakan daging atau karnivora biasanya mencari makan pada malam hari.    

                Binturung mempunyai kebiasaan berada di atas pohon namun tekadang turun ke tanah dan juga bangun atua aktif pada siang hari. Binturung sangat ahli dalam mamanjat maupun melompat dari sastu pohon ke pohon yang lainnya seperti seekor monyet. Berambut panjang dan kasar, berwarna hitam seluruhnya atau kecoklatan, dengan taburan uban keputih-putihan atau kemerahan. Pada masing-masing ujung telinga terdapat seberkas rambut yang memanjang. Ekor berambut lebat dan panjang, terutama di bagian mendekati pangkal, sehingga terkesan gemuk. Ekor ini dapat digunakan untuk berpegangan pada dahan (prehensile tail), sebagai ‘kaki kelima’.           

                Selain itu seeprti hal musang yang lainnya Binturung mengeluarkan bau yang tidak sedap yaitu bau kelenjar di abwah pangkal ekornya. Bau ini digunakan untuk menandai wilayah kekuasaan. Walaupun begitu, binturong mempunyai keunikan yang lain khususnya pada binturung yang Benita yaitu melahirkan anak 2-6 denagn masa mengandung sekitar 91 hari. Kemudian Binturung betina memiliki pseudo-penis atau dapat dikatan penis palsu yang merupakan suatu organ yang langka ditemukan.              

                 Binturung biasanya tinggal di daerah hutan atau pinggir hutan. Binturung tersebar hamper diseluruh wilayah Indonesia hal ini dapat lihat dari Persebarannya yaitu Sumatera,Jawa dan Kalimantan. Walaupun begitu, jumlah binturung kini langka karena banyak terjadi transaksi liar, kerusakan hutan yang membuat hewan ini banyak yang mati.

About Author
Maharani Febriyanti Sinuraya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2016-05-23
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *