Lebih Dekat dengan Beruang Madu di KWPLH Kota Balikpapan

Artikel
Lebih Dekat dengan Beruang Madu di KWPLH Kota Balikpapan
Aktivitas, Ekowisata, Kehutanan, Satwa
83
22 Desember 2021
Universitas Mulawarman
Penulis
agusanggriawan
1
posting

foto: @agusanggriawan_

Beruang madu (Helarctos malayanus) merupakan  beruang terkecil di dunia serta satu-satunya jenis beruang yang hidup di Indonesia. Satwa dengan ciri khas  corak berwarna kuning di bagian dada ini  telah dilindungi sejak tahun 1973, hal ini tentu saja tak terlepas akibat perusakan habitat, perburuan bagian tubuh beruang madu, perdagangan ilegal, kebakaran hutan, hingga dijadikan peliharaan ilegal oleh masyarakat.

foto: @agusanggriawan

Beruang madu juga merupakan salah satu satwa khas Kalimantan Timur bahkan sejak  tahun 2002, beruang madu diperkenalkan sebagai maskot dari Kota Balikpapan. Meskipun termasuk satwa yang dilindungi, kita tetap bisa menemui beruang madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH), Balikpapan.

KWPLH Balikpapan atau yang dikenal sebagai Pusat Beruang Madu merupakan  sebuah fasilitas pendidikan lingkungan hidup yang terletak Jl. Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185 RT. 42, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76127. Tak hanya bisa meilhat-lihat beruang madu, di KWPLH Balikpapan kita juga bisa memberi makan beruang madu dengan aneka makanan yang telah disediakan oleh petugas disana. Lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota Balikpapan ditambah lingkungan yang masih asri membuat KWPLH Balikpapan bisa menadi referensi tempat wisata berbasis lingkungan yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Balikpapan.

2
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *