Berani Nyemil Rumput?

Article
Berani Nyemil Rumput?
Agriculture
2162
4 March 2016
Author
Nadia Putri Rachma
127
posting

Siapa sih yang tidak suka keripik? Yap, cemilan ini merupakan cemilan yang sangat  digemari oleh semua lapisan masyarakat karena teksturnya yang renyah. Sekarang sudah banyak sekali keripik yang dibuat dari buah dan sayuran seperti keripik bayam, keripik apel, keripik nangka dan lain-lain. Namun, apakah kalian pernah mendengar keripik teki?

Keripik teki, sekilas terdengar asing dan aneh. Teki yang merupakan rumput atau gulma yang sering ditemukan di lapangan, kebun dan bahkan di pinggir jalan bisa dijadikan keripik? Bagaimanakah rasanya?

Teki atau dengan nama ilmiah Cyperus rotundus ini merupakan family Cyperaceae atau rumput-rumputan. Teki merupakan tanaman yang memiliki umbi atau tuber, yakni cadangan makanannya disimpan didalam akar. Si gulma satu ini sering dijumpai di lahan-lahan terbuka dan sulit dikendalikan karena mampu bertahan dengan kondisi cuaca yang kering dan tahan terhadap genangan air.

Cara pembuatannya ternyata sama dengan pembuatan emping melinjo, namun bahan baku utamanya adalah umbi atau akar dari rumput teki. Umbinya di geprek atau di pipihkan menjadi satu lalu dijemur hingga kering. Setelah umbi rumput teki menjadi kering seperti kerupuk mentah pada umumnya, kerupuk ini bisa langsung di goreng hingga matang dan siap menjadi camilan. Keripik teki biasanya merupakan oleh-oleh khas Indramayu yang dikenal dengan nama Keripik Tike

Ternyata tidak hanya menjadi camilan saja, teki juga bermanfaat bagi tubuh kita. Rebusan umbi teki sangat baik untuk penawar racun berbagai bahan beracun. Selain itu, teki juga dapat mengatasi menstruasi yang tidak teratur, mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi kembung dan mual. Jadi ada yang berminat mencicipi keripik rumput ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *