Belalang Hijau yang Menawan

Artikel
Belalang Hijau yang Menawan
Satwa
15896
2 Juli 2014
Penulis
Apris Nur Rakhmadani
84
posting

Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen (disebut stridulasi), atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang. Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat. Serangga ini umumnya bersayap, walaupun sayapnya kadang tidak dapat dipergunakan untuk terbang. Belalang betina umumnya berukuran lebih besar dari belalang jantan. Dalam Agama Islam, Belalang adalah salah satu dari dua hewan yang apabila telah terlebih dahulu mati masih dihalalkan untuk dimakan, bersama Ikan

Kingdom Animalia Linnaeus, 1758

Phylum Arthropoda Latreille, 1829
Class : Insecta Linnaeus, 1758
Order : OrthopteraLatreille, 1793
Family : AcrididaeMacLeay, 1821 (grasshoppers, locusts)
Genus : Oxya Serville, 1831
Species : Oxya chinensis (Thunberg, 1815)

Acrididae adalah keluarga belalang (grasshoppers, locusts) yang mempunyai antena relatif pendek dan tebal (short-horned grasshoppers), beda dengan Tettigoniidae yang merupakan keluarga belalang daun (bush crickets atau katydids) yang mempunyai antena yang relatif panjang yang biasanya melebihi panjang tubuhnya (long-horned grasshoppers).
Locusts adalah sebutan untuk grasshoppers yang mengalami perubahan warna dan prilaku diakibatkan oleh tingginya tingkat populasi yang ada.
Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *