Bawang Dayak

Artikel
Bawang Dayak
Flora
1613
30 November 2014
Penulis
Mabrur Mabrur
65
posting

Bawang dayak (Eleutherine palmifolia) adalah salah satu spesies tumbuhan berumbi yang khas di Kalimantan, digunakan oleh masyarakat pedalaman sebagai obat atau ramuan tradisional.  Penggunaan bawang dayak dapat dipergunakan dalam bentuk segar, simplisia,  manisan dan dalam bentuk bubuk (powder). Saat ini, telah diketahui bahwa bawang dayak mengandung senyawa fitokimia, yaitu alkaloid, flavonoid, glikosida, fenolik, steroid dan tannin (Anneahira, 2011).

Bawang dayak diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom  : Plantae

Phylum : Tracheophyta

Class  : Liliopsida

Subclass : Liliidae

Superorder : Lilianae

Order  : Iridales

Family  : Iridaceae

Genus  : Eleutherine

Species : Eleutherine palmifolia L. Merr (ZipcodeZoo, 2008).

 

Bawang dayak di daerah Kalimantan disebut bawang dayak, Sumatera disebut Bawang Kapal (Melayu), Jawa disebut Bawang Sabrang (Jawa Tengah). Habitus dari bawang dayak yaitu herba, tinggi tanaman < 1 m, tidak membentuk percabangan. Daun tunggal, letak daun berpasangan, komposisi daun bersirip ganda, permukaan licin, tulang daun hampir sejajar, tepi daun licin dan rata, bentuk daun lanset, bentuk pangkal daun assimetri dan bentuk ujung daun pucuk kaku dan tajam, warna helai daun bagian atas hijau tua dan warna helai daun bagian bawah hijau muda (Galingging, 2006). 

 

Anneahira. 2011. Bawang Dayak (Eleutherine americana Merr.). http://www.anneahira.com/bawang-dayak.htm.           

Galingging, R. Y. 2006. Potensi Plasma Nutfah Tanaman Obat sebagai Sumber Biofarmaka di Kalimantan Tengah. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Vol. 10. No. 1, Juni 2006. Kalimantan Tengah

ZipcodeZoo.2008. Eleutherine palmifolia.  http://zipcodezoo.com/Plants/E/Eleutherine_palmifolia. 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *