Asam gelugur

Flora
Asam gelugur
1 Juli 2015
2294

vera-susanti.blogspot.com

 

    

 

   Buah asam gelugur, biasa digunakan untuk bahan baku manisan, bumbu masak agar menambah aroma masakan menjadi lezat. Dulu asam gelugur dianggap tanaman buah yang tidak memiliki nilai ekonomi menggiurkan.

 

    Asam gelugur adalah pohon hijau abadi yang dimanfaatkan untuk bumbu masak dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan manggis dan asam kandis, berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Sebagai bumbu, buahnya yang dipotong dan dikeringkan dimanfaatkan sebagai pemberi rasa asam pada sejumlah masakan, terutama masakan dari Sumatra. Ekstrak daun asam gelugur yang diberikan secara oral dengan dosis 360mg/kg terhadap mencit memberi efek inhibitor terhadap perkembangan Plasmodium berghei penyebab malaria.

    Data dihimpun METRO, pohon buah asam gelugur baru bisa menghasilkan setelah 7-8 tahun sejak ditanam. Sedangkan usia hidupnya rata-rata 25 tahun. Umumnya tumbuh di iklim hutan sub tropis. Asam ini banyak terdapat di wilayah daratan Sumatera Utara hingga Aceh. Memiliki sifat buah yang asam, dan  bentuk yang bersegi-segi. Asam gelugur saat ini sudah merambah hingga ke belahan dunia. Dan menjadi komoditi primadona sebagai bahan baku rempah masakan. “Buktinya asam gelugur Simalungun sudah menembus empat negara,” kata warga Jalan Nagur, Kecamatan Tanah Jawa itu.

sumber :  http://www.metrosiantar.com/2015/04/01/184141     /asam-gelugur-tembus-pasar-singapura-malaysia/

                  https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_gelugur

                  https://masarulnasgor.wordpress.com/anneka-rempah-rempah-dan-khasiatnya/ 

Tentang Penulis
eral jantua gurning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-03-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *