Apa kabar Pendidikan Indonesia?

Artikel
Apa kabar Pendidikan Indonesia?
Aktivitas, Lain-lain
371
21 September 2021
Pendidikan Biologi-UHAMKA
Penulis
DIMAS GEOVANA
4
posting

Pendidikan adalah suatu hal yang penting untuk masa berkelanjutan. Dari pendidikan kita dilahirkan untuk berani menggapai sesuatu yang kita impikan. Arti yang sesungguhnya pendidikan tercantum dalam (UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003) yang menjelaskan mengenai hakekat pendidikan secara harfiah. Adapun pendidikan IPA yang merupakan salah satu disiplin ilmu yang didalamnya terkait dengan ilmu pendidikan berbasis Ilmu Pengetahuan Alam. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah.

Hasil peninjauan Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2018 Menunjukan bahwa pendidikan sains di Indonesia berada pada tingkat 71 dari 80 negara (Schleicher, 2019).

Selain itu, Trends International Mathematics and Science Study (TIMSS) menunjukkan skor rata-rata siswa Indonesia berada pada ranking 44 dari 49 negara dengan skor 397 untuk skor sains dari rata-rata skor international 500 (Hadi & Novaliyosi, 2019). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan ilmiah siswa di Indonesia masih rendah. Keterkaitan soal PISA yang berfokus pada sains terletak pada indikator keterampilan proses sains (Gusdiantini et al., 2017).

Pengembangan soal KPS merupakan suatu hal yang penting dalam pembelajaran (Agustina & Saputra, 2017). Hal ini dikarenakan, pembelajaran sains yang efektif mempunyai karakteristik melibatkan siswa secara aktif, pendekatan kolaboratif, dan menekankan hasil/kompetensi akademik siswa. Siswa yang dilatih untuk berpikir menunjukkan dampak positif pada pengembangan pendidikan mereka (Safahi et al., 2020)

(6) (PDF) Development of Science Process Skills-Based Questions in Class XI High School Biology Material. Available from: https://www.researchgate.net/publication/349759312_Development_of_Science_Process_Skills-Based_Questions_in_Class_XI_High_School_Biology_Material [accessed Sep 21 2021].
1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *