Andaliman

Pertanian
Andaliman
6 Desember 2014
1689

Andaliman merupakan salah satu makanan khas dari Sumatera Utara, Ini merupakan salah satu komponen bumbu yang sangat unik dan bisa menggetarkan lidah karena mampu menciptakan rasa yang khas dan menggoda. Andaliman merupakan bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zantoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Ini terkenal sampai keluar negeri diakibatkan rasa pedas, bumbu yang unik dan khas ini membuat siapa saja yang menikmati ketagihan dan membuat makanan serasa semakin nikmat.

Khususnya orang batak menjadikan Andaliman ini sebagai pangan penting untuk kenikmatan makanan terkhusus makanan yang khas disuatu adat atau pesta. ANdaliman sudah terkenal luas diakibatkan kekhasannya membuat andaliman dicari orang bahkan di impor secara besar-besaran dari Indonesia.

 

Dalam bahasa Mandarin ia dikenal sebagai huājiāo (花椒; harafiah: "lada bunga"). Orang Jepang mengenalnya sebagai sanshō (山椒), sedangkan di Korea ia dikenal sebagai sanchonamu (산초나무, Z. schinifolium) atau chopinamu (초피나무, Z. piperitum). Orang Tibet, Nepal, Bhutan, dan India juga mengenal bumbu ini. Dalam bahasa Inggris nama yang paling populer adalah Sichuan pepper, dengan variasi lain adalah "Szechwan pepper," "Chinese pepper," "Japanese pepper," "aniseed pepper," "Sprice pepper," "Chinese prickly-ash," "Fagara," "sansho," "Nepal pepper," dan "Indonesian lemon pepper,".

Tentang Penulis
Abednego Togatorop
Fakultas Kehutanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *