Alap-Alap Capung

Satwa
Alap-Alap Capung
27 April 2017
1804

Alap-alap Capung adalah burung yang mempunyai paruh, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur.Alap-alap capung dapat ditemukan di Asia Tenggara.

Deskripsi:

Berukuran kecil (15 cm),berat 35 gram, berwarna hitam dan putih. Tubuh bagian atas hitam, dengan bintik-bintik putih pada bulu sekunder paling dalam dan pada ekor. Dada putih, perut merah karat, paha hitam. Bagian sisi muka dan penutup telinga hitam, dikelilingi garis atau bercak putih. Muka remaja tersapu warna kemerahan. Iris coklat gelap, paruh keabuan, kaki abu-abu.  

Suara:

Keras, teriakan tinggi "syiiw" dan cepat berulang-ulang "kli-kli-kli-kli". Penyebaran global: Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar.

Penyebaran lokal dan status:  

Di Sumatera dan Kalimantan (kecuali di bagian utara) umumnya dijumpai di hutan dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m. Sekarang jarang ditemukan di Jawa dan Bali.

Kebiasaan:

Duduk bertengger di daerah terbuka di tepi hutan atau desa terbuka, termasuk di daerah persawahan. Menangkap capung dan serangga lainnya secara ganas dan mendadak, kadang-kadang berani menyerang burungburung kecil dan mangsa lainnya. Bersarang pada lubang-lubang pohon.  

Tentang Penulis
Ayu Tantri Winna Asmara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2019-08-04
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *