Akar Wangi

Flora
Akar Wangi
26 Juni 2015
16739

Divisi         : Magnoliophyta
Kelas         : Magnoliopsida
Sub Kelas   : Rosidae
Ordo          : Polygalales
Famili         : Polygalaceae
Genus        : Polygala
Spesies      : Polygala paniculata

Tumbuhan Polygala paniculata L. atau Akar Wangi termasuk ke dalam suku Polygalaceae. Sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi.

Deskripsi Morfologi

Tumbuhan ini memiliki ciri morfologi antara lain tumbuhan semak tahunan berukuran 60 cm. Berakar dengan bau sepeti permen karet. Helai daun memanjang berukuran 1-8 cm x 3 mm, tunggal, duduk daun tersebar, tanpa daun penumpu, pangkal dan ujung daun runcing, dengan tepi rata, tandan panjang dan ramping berukuran 3-12 cm.

Perbungaan racemosa, kecil berwarna putih berukuran 3 mm, tangkai bunga bersendi, memiliki 5 daun kelopak berwarna hijau, memiliki 3-5 daun mahkota, 8 benang sari, kepala sari beruang 1-2 dengan tiap ruang memiliki 1 bakal biji.

Buah kendaga, kadang bersayap, kecil berbentuk lonjong berukuran 2 mm dan kelopak lateralnya gundul. Bijinya sangat kecil berwarna hitam dengan rambut putih kecil dan memiliki lembaga yang lurus.

Manfaat dan Kegunaan

Akarnya yang dikeringkan secara tradisional dikenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakaian atau barang-barang penting, seperti batik dan keris. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.

Tumbuhan ini merupakan komoditas perdagangan minor walaupun cukup luas penggunaan minyaknya dalam industri wangi-wangian.

 

Sumber:

  • http://www.plantamor.com/index.php?plant=1911
  • http://dempoflora.blogspot.com/2014/11/polygala-paniculata-linn.html
  • http://shesujuseventeen.blogspot.com/2013/08/laporan-kuliah-lapangan-jaya-giri.html
Tentang Penulis
Nadia Putri Rachma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-03-04
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *