Air Sebagai Sumber Kehidupan Dan Iklim Mempengaruhi Kehidupan

Kelautan
Air Sebagai Sumber Kehidupan Dan Iklim Mempengaruhi Kehidupan
31 Maret 2020
734

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tubuhan.Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya Air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.

Air sebagai sumber kehidupan sangat memegang peranan penting dalam hidup kita. Dengan air kita mendapatkan energi untuk memulai aktivitas, dengan air juga kita mulai melangsungkan kegiatan sehari-hari kita, untuk mandi saja kita membutuhkan air, untuk mencuci baju kita membutuhkan air, bayangkan  jika sehari saja kita tidak mendapatkan air, apa yang akan terjadi? Pasti kita akan kehausan dan tidak bisa menjalankan kegiatan sehari-hari kita. Sayangnya, akhir-akhir ini banyak sekali air yang kualitasnya tidak lagi bersih terutama di wilayah perkotaan. Manusia tidak lagi peduli dengan kondisi air di bumi yang tidak lagi seimbang. Semakin banyak manusia yang merusak ekosistem hutan, menebangi pohon, mendirikan pabrik-pabrik yang asapnya mencemari udara dan limbahnya mencemari air.

Semakin banyak manusia yang membuang sampah sembarangan tanpa mau tau sampah itu akan lari kemana. Sungai yang dulunya tampak jernih pun sekarang mulai kotor karena sampah-sampah yang sangat banyak dan bau tak sedap tercium di berbagai sudut kota. Kualitas air yang bersih mulai sulit ditemukan karena air telah tercemari oleh sampah-sampah. Kita sebagai generasi muda tentunya harus bisa mengatasi bagaimana cara menjaga kualitas air bersih agar kehidupan kita sehat dan tidak kehilangan sumber air bersih, Akan tetapi selain dari itu ancaman perubahan iklim pun akan berpengaruh pada kualitas air, bahkan di Indonesia sendiri sesungguhnya sudah berada dalam kategori serius. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa ancaman ini sudah dapat dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat sehari-hari.

Perubahan iklim dapat berdampak signifikan di tengah masyarakat. Salah satu asal muasal terjadinya perubahan iklim adalah penumpukan energi gas rumah kaca yang akan menimbulkan energi radiasi yang terkumpul ke atmosfer bumi dan tertahan, lalu membentuk energi lain.    

Perubahan iklim yang terjadi adalah pengaruh dari manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, aktivitas manusia yang mengubah komposisi iklim telah berlangsung cukup lama, apalagi terkait dengan produksi energi gas rumah kaca yang tidak dapat diminimalisir. Lalu apa saja dampak dari perubahan iklim yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia?

1. Berpengaruh pada kualitas air

Perubahan iklim dapat menurunkan kualitas air, karena curah hujan yang tinggi dapat menurunkan kualitas sumber air. Kenaikan suhu membuat kadar klorin pada air bersih meningkat.     Pemanasan global meningkatkan jumlah air pada atmosfer, yang berakibat pada peningkatan curah hujan. Curah hujan memang dapat meningkatkan sumber air bersih, namun jika terlalu tinggi kemungkinan air hujan akan langsung kembali ke laut, tanpa sempat tersimpan.

2. Dampaknya pada kesehatan manusia    

Akibat musim kemarau berkepanjangan, gelombang panas meningkatkan suhu udara secara ekstrem dan hujan lebat. Salah satu dampaknya adalah pada kesehatan manusia. Musim kemarau berkepanjangan adalah kondisi yang baik bagi perkembangan bakteri, virus, jamur dan parasit. Keadaan ini menimbulkan kondisi penyakit yang berhubungan dengan bakteri di udara, contohnya adalah penyakit kulit, alergi hingga infeksi pernapasan.

3. Mengakibatkan banjir

Perubahan cuaca secara ekstrem dapat mengakibatkan bencana. Salah satunya adalah banjir besar, hal tersebut dapat berakibat pada lumpuhnya aktivitas masyarakat serta munculnya banyak penyakit.

Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kualitas air di bumi kita. Semuanya berawal dari diri kita masing-masing. Jika kita mau hidup kita sehat dan menginginkan air bersih tentunya kita harus mengawali dengan perubahan baik untuk bumi kita, menjaga, dan melindungi bumi kita. Karena  sedikit perubahan sangat berpengaruh bagi kehidupan di masa depan kita.

Sebagai generasi muda marilah kita bersama-sama budayakan lingkungan yang bersih, sehat, dan sejahtera. Dimulai dengan menjaga kebersihan demi generasi masa depan yang lebih cerah.

#bwkehati #hariairsedunia #bwchallenge

Tentang Penulis
Adya Dafa Hilmi Hakim
IPB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-31
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *