Ada katak yang melahirkan?

Satwa
Ada katak yang melahirkan?
13 Juli 2016
2003

Halo Sahabat Warriors! Sudahkan sahabat tahu dengan jenis katak yang hingga sekarang masih popular dikalangan dunia satwa? Katak yang memiliki nama latin Limnonectes larvaepartus merupakan Katak jenis baru dari Sulawesi yang mengejutkan dunia. Mengapa? Bila biasanya katak berkembang biak dengan cara bertelur, katak ini berkembang biak dengan melahirkan yaitu langsung melahirkan kecebong. Karena mampu melahirkan kecebong, katak baru ini dimasukkan dalam golongan hewan yang berkembang biak secara ovovivipar yang berarti embrio tetap berkembang di telur yang berada di dalam tubuh induk, tetapi keluar dari tubuh induk dalam kondisi sudah menetas. Katak ini dinamai Limnonectes larvaepartus karena sesuai dengan sifatnya yaitu mampu melahirkan larva (larvae: larva atau kecebong, partus: melahirkan). Limnonectes larvaepartus disebut sebagai satu - satunya jenis katak yang mampu melahirkan kecebong.

KLASIFIKASI! Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Amphibia; Ordo: Anura; Famili: Dicroglossidae; Genus: Limnonectes; Spesies: Limnonectes larvaepartus

Katak ajaib asal Sulawesi biasanya tampil dalam warna abu-abu atau cokelat dan cuma tumbuh sepanjang 40 milimeter serta berbobot kurang dari 5 gram. Taring pada mulutnya bukan digunakan untuk mengunyah, melainkan buat melindungi diri ketika bertarung dengan katak lain. Katak ini juga biasanya hidup dalam rentan jarak 2 – 10 meter dari perairan. Secara fisik, katak unik karena memiliki tonjolan serupa taring dan warna emas di area punggung. Sulawesi pun dipercaya merupakan rumah bagi sekitar 25 jenis katak bertaring. Di tengah eksploitasi hutan di Sulawesi, katak endemik ini pun perlu dilindungi. Kepunahan jenis ini dan jenis lain yang belum ditemukan mengancam bila perusakan lingkungan terus dilakukan.

Sahabat Warriors! Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa katak ini hanyalah satwa biasa yang tidak memiliki dampak terhadap lingkungannya, namun setiap makhluk hidup diciptakan pasti memiliki peranan bagi sekitarnya seperti halnya katak ajaib ini yang memiliki peranan dalam ekosistem, simbiosis, dan lingkungan sekitarnya. Dan yang tak kala penting adalah bahwa katak ajaib ini merupakan salah satu aset kita dari sekian banyaknya satwa unik lainnya di negeri ini yang tidak dapat dijumpai di tempat lainnya.

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *