Metamorfosis dan keindahan kupu kupu

Artikel
Metamorfosis dan keindahan kupu kupu
Lain-lain
310
18 Agustus 2021
Sancagulada
Penulis
Thomas Pradita Priya Arfandi
3
posting

Kupu-kupu tampak sangat indah karena memiliki sayap berwarna-warni dan sering dijumpai banyak orang.

 

Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong dalam ordo lepidoptera atau serangga bersayap sisik (lepis, sisik dan pteron, sayap).

 

Kupu-kupu dibedakan dari ngengat atau kupu-kupu malam. Perbedaan ini berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya.

 

Umumnya kupu-kupu aktif di waktu siang (diurnal). Sementara ngengat aktif di waktu malam (nocturnal).

 

Kupu-kupu beristirahat dengan menegakkan sayapnya, kalau ngengat dengan membentangkan sayapnya. Biasanya kupu-kupu punya warna yang indah cemerlang, sedangkan ngengat gelap, kusam atau kelabu.

 

Meski kupu-kupu indah, ia tak selalu begitu. Kupu-kupu ternyata memulai hidupnya dalam bentuk yang tak menarik. Nah, bagaimana kupu-kupu yang tak menarik itu bisa menjadi cantik? Simak penjelasannya.

 

 

Metamorfosis Kupu-kupu.

 

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), kupu-kupu melewati sejarah kehidupan yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap.Metamorfosis kupu-kupu dianggap sempurna karena bentuk fisiknya saat keluar dari telur, sangat berbeda dengan bentuk fisik saat dewasa.

 

Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur yang biasanya berada di permukaan daun. Dari telur kemudian menetas berubah jadi ulat. Ulat selanjutnya berubah menjadi kepompong.

 

Masa kepompong akan berlangsung beberapa hari sebelum menjadi kupu-kupu kecil dan kupu-kupu dewasa. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur, dari telur itu maka metamorfosis dimulai lagi.

5
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *