Ikan dari Maluku Utara Mulai Keliling Dunia

Ikan dari Maluku Utara Mulai Keliling Dunia
26 Februari 2017
1431

Daerah Maluku Utara memiliki potensi perikanan tinggi dengan luas lautan mencapai 69% dari daratannya. Sayangnya, hasil laut belum diolah dengan maksimal oleh warga. Pemanfaatan hanya sebatas penjualan hasil tangkapan segar sehari-hari, tanpa diolah lebih lanjut. Belum adanya pelatihan kepada nelayan serta keterbatasan modal dan fasilitas yang tidak memadai menjadi kendala utama bagi pengembangan budidaya perikanan Maluku Utara.

Tetapi mulai tahun 2015 pemerintah mulai menggenjot Maluku Utara agar bisa menjadi Lumbung Ikan Nasional. Hal ini sangat memungkinkan melihat potensi wilayah dan jenis ikan besar seperti tuna, cakalang, dan ikan layang yang melimpah. Kerjasama kemudian dijalin antara pemerintah, perguruan tinggi, dan swasta untuk mengatur proses budidaya, pengolahan, hingga pemasaran ikan nelayan.

Akhirnya pada Januari 2017 lalu nelayan Maluku Utara untuk pertama kalinya berhasil mengekspor hasil lautnya ke Amerika Serikat. Hasil utama yang diekspor adalah ikan layang beku, olahan tuna dan cakalang saku. Selain Amerika Serikat target utama ekspor adalah Korea dan Jepang. Sebenarnya ekspor hasil laut Maluku Utara sudah ada dari tahun-tahun sebelumnya, namun pengiriman melalui provinsi lain seperti Bitung, Sulawesi Utara. Sehingga dicap sebagai hasil laut provinsi lain. Sehingga keberhasilan ekspor mandiri oleh Maluku Utara tahun ini semoga bisa menjadi angin positif bagi kesejahteraan nelayan di sana.

Sumber : http://www.aspirasi.net/bisnis/di-maluku-utara-akses-modal-perbankan-jadi-kendala-nelayan http://portal.malutpost.co.id/en/opini/item/504-analisis-maluku-utara-sebagai-lumbung-ikan-nasional http://malut.bpn.go.id/site/profil-kantor/kondisi-geografis-provinsi-maluku-utara/ http://news.detik.com/berita/3027985/menristek-dikti-akan-bantu-progam-budidaya-ikan-emas-biru-di-maluku http://www.beritamalukuonline.com/2017/01/maluku-utara-akan-ekspor-ikan-perdana.html http://www.jpnn.com/news/ternyata-ekspor-ikan-maluku-utara-lewat-provinsi-tetangga http://rayapos.com/maluku-utara-upayakan-ekspor-langsung-komoditas-perikanan/

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *